Home » 5 Cara Hilangkan Bau Tak Sedap pada Helm Kesayangan

5 Cara Hilangkan Bau Tak Sedap pada Helm Kesayangan

by Anjar

OTOBIKES – Bagi para pengendara motor, helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan. Dan jangan lupa, durasi atau karena semakin sering digunakan, perangkat keselamatan pelindung kepala ini harus mendapatkan perawatan terutama pada bagian dalamnya.

Anda khususnya para biker sebaiknya tidak abai untuk memperhatikan kebersihan bagian dalam helm. Bau apek atau tidak sedap karena kondisi lembab plus endapan keringat jika dibiarkan tentu membuat suasana tidak nyaman dan berujung pula pada kesehatan penggunanya terutama bagian rambut dan kulit kepala.

Baca Juga: 5 Makanan yang Cocok untuk Bekal saat Touring

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi bau yang tidak sedap pada helm bagian dalam.

  • Gunakan Balaclava

Salah satu langkah untuk mencegah agar helm tidak cepat bau adalah menggunakan balaclava atau penutup kepala. Pilih balaclava yang terbuat dari bahan dry fit yang mampu menyerap keringat.

  • Jemur Helm

Biasanya bau tak sedap pada helm itu timbul karena permukaan dalam yang lembab. Oleh karena itu cobalah untuk menjemur helm dibawah terik sinar matahari. Alangkah baiknya jemurlah helm dengan posisi terbalik agar bisa kering secara maksimal.

Baca Juga: 5 Wisata Bali yang Cocok di Kunjungi Saat Touring

  • Cuci Inner helm

Jika bau pada helm sudah sangat menggangu sebaiknya cuci bagian inner helm/dalaman helm dengan sabun dan keringkan agar spos kembali mengembang. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan bau pada helm.

  • Semprotkan Parfum

Opsi ini bisa dilakukan apabila helm dalam kondisi kering dan baunya tidak terlalu parah. Anda bisa menggunakan parfum yang biasa untuk body atau alangkah baiknya menggunakan pewangi khusus untuk helm.

Baca Juga: Cek Disini, Daftar Lokasi Pemutihan Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2021

  • Jasa Cuci Helm

Yang terakhir bawalah ke jasa pencucian helm. Cara ini khusus buat kamu yang ngga mau repot atau ribet. Sudah tidak diragukan lagi jika kamu membawa ke jasa pencucian, helmmu dijamin akan wangi dan bersih. Harga cuci helm juga tergolong tidak terlalu merusak kantong, umumnya berada di kisaran Rp 50 ribuan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.