Home » 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Baru

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Baru

by Editor 01
Tips membeli motor baru (Foto: Oto-bikes.com)

OTOBIKESAnda berencana membeli motor baru? sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar tidak menyesal setelah meminangnya.

Saat ini kendaraan menjadi kebutuhan yang cukup vital untuk menunjang aktivitas sehari-hari terutama kegiatan mobilitas.

Mempunyai kendaraan pribadi tentunya lebih praktis daripada wara wiri dengan alat transportasi umum. Pilihannya, membeli motor atau pun mobil.

Hanya saja, bagi mereka yang punya mobilitas tinggi, kendaraan roda dua atau sepeda motor mungkin lebih efektif digunakan terutama dalam menerobos macet. Terlebih harganya juga relatif terjangkau.

Tidak dipungkiri bahwa saat ini orang membeli motor bukan hanya sebagai alat transportasi belaka. Sebab, banyak pula masyarakat yang membeli motor karena hobi.

Oleh karena itu, berbagai jenis motor kini tersedia di pasaran. Bahkan, saking banyaknya pilihan, kerap membuat orang bingung mau membeli motor model apa.

Bagi Anda yang berencana membeli motor baru, sebaiknya mempertimbangkan berbagai aspek agar sepeda motor yang dipilih benar-benar cocok dengan kebutuhan.

Berikut ini Oto Bikes sajikan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli motor baru.

Membeli Motor Baru Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat ingin membeli motor baru yaitu untuk apa kendaraan tersebut akan dipergunakan nantinya.

Dalam arti lain, Anda harus menentukan skala prioritas kegunaan dari motor yang ingin dimiliki. Apakah sebagai kendaraan untuk operasional harian seperti transportasi buat bekerja atau hanya gaya hidup alias hobi belaka.

Hal ini penting dipertimbangkan karena akan menentukan jenis motor seperti apa yang bisa dipilih.

Misalnya jika yang dibutuhkan adalah sepeda motor untuk mobilitas harian di dalam kota, maka jenis motor matic dengan cc standar bisa jadi pilihan karena akan lebih praktis untuk digunakan.

Sebaliknya, jika Anda membeli motor baru karena hobi, motor berjenis sport yang keren dan bergaya bisa jadi pilihan sesuai selera.

Pertimbangkan Lokasi Tempat Tinggal dan Rute Perjalanan yang Sering Dilalui

Meski terdengar sepele, hal ini juga patut dipertimbangkan karena lokasi tempat tinggal seseorang dengan rute perjalanan yang sering dilaluinya mungkin akan berbeda-beda.

Bagi Anda yang tinggal di area perkotaan dengan kontur jalan yang relatif rata, menunggangi motor berjenis matic cc rendah saja mungkin sudah cocok.

Tapi, bagi mereka yang tinggal di daerah pelosok dengan rute jalan berkelok, nanjak-turun, belum lagi medan jalan yang terjal, maka jenis motor yang punya ground clearance lebih tinggi akan jauh lebih efektif digunakan. Sementara kapasitas mesinnya bisa menyesuaikan.

Dalam hal ini, motor-motor berjenis naked bike yang rata-rata punya ground clearance tinggi bisa jadi pertimbangan. Atau pun motor berjenis matic lain yang punya spesifikasi sesuai dengan kriteria tersebut.

Perhatikan Spesifikasi Motor yang akan Dibeli

Selanjutnya, usai Anda menentukan prioritas kebutuhan serta memperhatikan rute perjalanan, lakukan survey lebih dalam lagi terutama menyangkut spesifikasi motor yang sedang kamu incar.

Cari tahu dan pelajari secara lengkap spesifikasi apa saja yang ditawarkan dari motor tersebut. Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu kapasitas mesin.

Hal ini juga akan akan tergantung pada kebutuhan. Bila Anda lebih sering melakukan perjalanan jarak jauh maka kendaraan yang dibutuhkan tentunya yang memiliki cc besar, yaitu 150cc ke atas.

Sebaliknya, jiga digunakan hanya untuk wara-wari di area perkotaan, kapasitas mesin di bawahnya mungkin sudah cukup menunjang.

Selain spek mesin, Anda perlu memerhatikan pula dimensi dari sepeda motor yang sedang diincar. Pastikan ukuran motor tersebut sesuai dengan postur tubuh Anda agar nyaman saat dikendarai.

Bila terlalu tinggi atau besar tentu hanya akan membebani diri sendiri. Alhasil, Anda akan merasa kelelahan setelah mengendarainya yang malah menghambat aktivitas Anda sendiri.

Pilih Produk Motor yang Suku Cadang Originalnya Mudah Didapatkan

Hal yang satu ini juga patut dipertimbangan, sebab sepeda motor yang sudah dimiliki tentu tidak selamanya akan tetap utuh. Suatu saat Anda harus mengganti beberapa komponen motor bila sudah tidak berfungsi secara optimal.

Menyangkut hal ini, kemudahan dalam mencari suku cadang tentunya menjadi hal penting. Terutama akses untuk mendapatkan komponen motor yang asli alias original.

Pilihlah motor yang produsennya memiliki bengkel resmi dan selalu menyediakan suku cadang original. Pasalnya, saat ini banyak sekali toko-toko online maupun offline yang menawarkan berbagai produk sparepart motor dengan harga murah namun kualitasnya masih harus dipertanyakan.

Bila produsen motor Anda menyediakan tempat khusus untuk mendapat suku cadang yang dibutuhkan tentunya akan memberi kemudahan, terlebih sparepart yang mereka jual terjamin keasliannya.

Dengan demikian, sebelum membeli motor baru, Anda juga harus memperhatikan produk dari kendaraan itu sendiri, apakah mereka memberi kemudahan untuk mendapatkan suku cadang asli atau tidak.

Membeli Motor Sesuai Budget atau Kemampuan Finansial Anda

Hal yang satu ini tentunya menjadi faktor dasar dalam membeli sebuah produk apa pun.

Setelah semua pertimbangan di atas, ketersediaan budget tentunya juga akan menyesuaikan atau kemampuan finansial Anda apakah mendukung untuk mendapatkan produk yang diinginkan atau justru membebani Anda sendiri.

Dengan demikian, sebelum memutuskan pergi mengunjungi dealer terkait untuk membeli motor yang diincar, cek terlebih dahulu harga motor tersebut yang bisa diakses melalui situs resmi produsen terkait.

Anda bisa memilih dan memilah sesuai dengan biaya yang dimiliki atau kondisi keuangan Anda bila akan membelinya secara kredit.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli motor baru. (ASR)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.