Home » 5 Perlengkapan Wajib Saat Bermain Motor Trail di Medan Off-Road

5 Perlengkapan Wajib Saat Bermain Motor Trail di Medan Off-Road

by Anjar

OTOBIKES – Berkendara menggunakan motor trail saat Off-Road memang menyenangkan. Andrenaline terpacu di atas motor yang macho terlebih saat harus melewati medan-medan non aspal dengan beragam obstacle seperti jalan berbatu, berlumpur, melewati sungai, menyisiri jalan-jalan setapak di tengah hutan dan lainnya.

Untuk bisa dengan aman dan nyaman bermain motor trail, selain urusan teknik berkendara, Sobat Otobikes juga wajib melengkapi diri dengan perlengkapan yang utamanya menunjang keselamatan alias safety.

Baca Juga: 7 Wisata Pegunungan yang Cocok untuk Sobat Otobikes

Berikut 5 perlengkapan yang harus digunakan saat bermain motor trail di medan Off-road.

  1. Helm

Untuk mengantisipasi cedera bagian kepala, hendaknya sobat Otobikes harus memakai helm khusus untuk motor trail.

Biasanya desain pelindung kepalanya memiliki bentuk rahang bermoncong lebih lebar dari pada helm pada umumnya. Hal ini berfungsi agar sirkulasi udara di helm bisa lebih optimal.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Selain itu pada helm motor trail juga terdapat pet yang lebih panjang. Fungsinya adalah untuk perlindungan dari ranting ranting pohon dan cipratan tanah ketika dipakai untuk menerabas rimbunya hutan.

  1. Pelindung Badan

Bagi pecinta Off-Road pasti sudah tahu bahwa pelindung badan merupakan hal yang wajib dipakai. Dengan menggunakan pelindung badan tentu akan meminimalisir cedera saat terjatuh dari motor.

Pelindung badan bisa berupa pakaian khusus Off-Road dan dilengkapi dengan neck brace. Neck brace atau pelindung leher merupakan pelindung yang sangat penting terutama jika Sobat Otobikes bermain motocross. Pelindung leher cross menjaga leher agar tetap lurus saat terjadi kecelakaan pada kecepatan tinggi.

  1. Sepatu

Tak hanya sebagai pelengkap Fashion, sepatu memiliki fungsi untuk melindungi diri dari cedera kaki, akibat terbentur benda keras atau menginjak benda-benda keras maupun tajam.

  1. Kacamata Khusus

Kacamata khusus biasanya berupa google helm. Hal ini berfungsi untuk melindungi mata dari kontak langsung dengan benda yang berbahaya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Pantai Indonesia yang Sangat Indah

Berfungsi sama seperti visor pada helm, tapi Google dibuat terpisah karena bertujuan untuk mempermudah pengendara bernafas secara bebas dengan kondisi di jalur offroad yang tidak dapat diprediksi.

  1. Sarung Tangan

Sarung tangan akan membantu mengurangi cedera serius pada bagian tangan jika terjadi kecelakaan. Biasanya, saat terjadi benturan atau jatuh gerak refleks tangan akan langsung melindungi bagian tubuh lainnya.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.