Home » Ada Ban Tanpa Angin dan Anti Bocor

Ada Ban Tanpa Angin dan Anti Bocor

by zizi

OTOBIKES,- Teknologi saat ini memang sudah berkembang sangat pesat.  Seperti juga dialami dunia otomotif.  Setelah ada ban tubeless yang tanpa ban dalam, kini ada ban yang lebih unik lagi yaitu ban tanpa angin atau “airless tire”.  Penelitian teknologi ban tanpa udara ini sudah dilakukan sejak tahun 2005. Ban jenis ini akan diproduksi untuk mobil dan juga sepeda motor.

Ban tanpa angin ini memiliki banyak manfaat dibandingkan teknologi ban sebelummnya yaitu ban tubeless. Ban tanpa udara ini tidak akan pernah bocor kemudian tidak perlu repot-repot untuk memeriksa tekanan udara ketika hendak berpergian. 

Secara bentuk, ban ini hampir sama seperti ban pada umumnya namun perbedaannya ban ini didesain berongga pada bagian dindingnya. Rongga itu berfungsi untuk penyangga antara pelek dan tapak ban sekaligus sebagai peredam guncangan ketika menghantam lubang, polisi tidur atau jalanan yang tidak rata lainnya.

Untuk komposisi bahannya, airless tire ini juga dirancang khusus saat proses pembuatannya.  Ban ini menggunakan kombinasi plastik yang diperkuat dengan serat kaca (GFRP) dan campuran karet flesibel. Produsen ban yang mengembangkan produk ini adalah Michelin dan Bridgestone.

Michelin sudah bekerja sama dengan General Motors (GM) untuk merancang dan menjual ban tanpa udara ini.  GM  berencana memasarkan ban tanpa udara ini pada awal tahun 2024. Ban Michelin ini diberi nama  Michelin Uptis (Unique Puncture-proof Tire System).  Sedangkan Bridgestone memberi nama produk ban tanpa udara mereka dengan QuletTrack.

Michelin diduga akan memasarkan ban Uptis nya dengan harga USD 40-60 untuk satu ban atau sekitar Rp639 ribu rupiah.  Sementara Bridgestone diprediksi memasarkan produk ini lebih mahal di kisaran USD 133 untuk satu ban atau sekitar Rp1,9 juta per ban. 

Apakah kalian tertarik dan menunggu kehadiran ban yang tidak akan mengalami kebocoran dan kehabisan angin ini di pasaran?* (RENALDI)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.