Home » Agar Touring Lebih Aman dan Nyaman, Perhatikan Tips Berikut Sebelum Touring Jarak Jauh

Agar Touring Lebih Aman dan Nyaman, Perhatikan Tips Berikut Sebelum Touring Jarak Jauh

by Anjar
Touring/Pinterest

OTOBIKES

Bagi para pecinta motor yang suka jalan jalan, pasti touring menjadi salah satu kegiatan yang favorit. Touring memang menjadi sesuatu kegiatan yang menyenangkan apalagi dilakukan bersama teman, komunitas, atau bahkan keluarga sendiri.

Meskipun menyenangkan, nyatanya Touring sendiri membutuhkan persiapan yang cukup agar tetap aman dan nyaman. Apalagi di masa pandemi seperti ini, yang tentunya akan membutuhkan persiapan yang lebih.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Mobil Listrik Akan Semakin di Buru di Masa Depan

Di masa pandemi seperti ini touring memang bisa menjadi salah satu pilihan untuk refreshing atau menghilangkan penat.

Lantas apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan touring jarak jauh? Berikut kami bagikan tips agar touring kamu terasa lebih aman dan nyaman.

1. Pastikan Kondisi Fisik Dalam Keadaan Prima

Dalam melakukan segala sesuatu tentu kita harus memperhatikan kondisi fisik. Kondisi fisik memang aspek terpenting sebelum memulai kegiatan touring motor. Mengingat saat melakukan touring pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dan tentunya, jika kita mempersiapkan kondisi fisik juga bisa mengurangi risiko-risiko yang mungkin bisa terjadi.

Baca Juga:

Baca Juga: Pecinta Motor Harus Tahu, Ini Resiko Yang Akan Terjadi Jika Kamu Telat Saat Mengganti Oli Mesin

2. Pastikan Keadaan Motor Dalam keadaan Prima

Sebelum memutuskan untuk melakukan touring motor, pastikan selalu periksa seluruh mesin motor dalam kondisi yang prima. Hal ini juga dapat mengurangi resiko seperti mogok di tengah jalan atau juga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

3. Gunakan Helm Berstandar SNI

Helm SNI merupakan perlengkapan wajib bagi seluruh pengendara sepeda motor. Helm juga memiliki peranan yang sangat penting seperti melindungi kepala dari benturan dan juga melindungi mata dari debu jalanan.

4. Tentukan Rute Perjalanan

Menentukan rute perjalanan adalah hal yang sangat penting dalam menentukan segala kesiapan kamu untuk melakukan touring. Kamu akan dengan mudah mengetahui berapa jarak dan lama waktu perjalanan yang akan ditempuh ketika kamu sudah menentukan rute perjalananmu.

5. Gunakan Masker

Mengingat di negara kita tercinta Indonesia masih dalam proses melawan pandemi, kita sebagai masyarakat yang baik tidak ada salahnya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, walaupun sedang dalam perjalanan. Selain itu juga penggunaan masker dalam perjalanan juga dapat menyaring polusi udara ketika sedang berkendara.

Baca Juga: Simak Yuk, Berikut Daftar Lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Indonesia

6. Memakai Jaket Tebal

Penggunaan jaket sangat dibutuhkan saat berkendara apalagi saat sedang touring yang membtuhhkan waktu yang cukup lama. Disarankan untuk memilih jaket dengan material yang tebal dan menutupi seluruh bagian tubuh seperti leher. Tujuanya agar dapat meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan.

7. Persiapkan Jas Hujan

Walaupun sekarang cuaca dapat diprediksi, tidak ada salahnya kita untuk selalu menyiapkan jas hujan sebelum melakukan touring motor. Hal ini bertujuan agar kita bias berjaga jaga saat sewaktu waktu terjadi hujan di tengah perjalanan.

Pilihlah jas hujan dengan warna terang karena saat terjadi hujan jarak pandang pengendara lain akan terganggu, dengan menggunakan jas hujan warna terang dapat membantu  pengendara lain untuk bisa mengetahui kita.

8. Persiapkan P3K ( Pertolongan pertama Pada Kecelakaan )

Saat berkendara dijalan kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi, maka dari itu kita harus selalu membawa perlengkapan yang satu ini. Dan jangan lupa juga membawa obat obatan tertentu yang mungkin dibutuhkan saat dalam perjalanan jauh.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.