Home » AHM Tanam 1.200 Pohon di Jawa barat

AHM Tanam 1.200 Pohon di Jawa barat

by Tommy JP
AHM tanam 1.200 pohon

OTOBIKES – PT Astra Honda Motor (AHM) menanam 1.200 pohon yang tersebar di dua kabupaten di Jawa barat. Program ini dikembangkan sekaligus untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyrakat di lokasi penanaman.

Program yang sudah berjalan selama hampir dua bulan ini dimaksudkan untuk menjaga keanekaragaman hayati dalam ekosistem. Tahun ini, AHM menanam 500 pohon buah langka dan khas di Bukit Cibakung, Kampung Cidadap, Bandung Barat.

Secara terpisah, AHM juga menanam 700 pohon mangrove di pesisir pantai utara Jawa Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Penanaman pohon ini dilakukan untuk menjaga ekosistem darat dan laut, sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar.

Sebelumnya AHM telah menanam sekitar 10.250 pohon magrove di Banjarmasin, Kalimatan Selatan dan Muaragembong, Bekasi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya konservasi Bekantan dan Lutung Jawa sebagai fauna asli Indonesia.

Baca juga : All New Aerox 155 Connected ABS Kebagian Livery Racing Blood

Adapun buah dari mangrove ini mampu meningkatkan penghasilan masyarakat di sektor pariwisata. Selain itu juga bisa menambah pendapatan nelayan sekitar kawasan hutan magrove tersebut.

AHM menggandeng LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk menanam 32 jenis pohon buah yang berbeda. 20 jenis diantaranya termasuk varian langka seperti Menteng, Mundu, Jamblang, Matoa, Bisbul, dan masih banyak lagi.

Sementara itu terdapat 12 tanaman buah yang memiliki nilai ekonomis bagi petani lokal seperti Jambu Kristal, Manggis, Sawo Manila, Klengkeng, Alpukat dan lain sebagainya.

“Melalui sinergi Bagi Negeri, AHM bekerjasama dengan masyarakat dalam melakukan beragam aktivitas lingkungan. Program ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ucap Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM, dalam siaran persnya.

Ia menambahkan bahwa program penanaman pohon bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya seperti obyek pariwisata maupun hasil budidaya, menjaga kelestarian tanaman langka, menghijaukan lahan tandus, meningkatkan jumlah oksigen dan mencegah abrasi laut.

Penghijauan sendiri menjadi salah satu program kepedulian AHM di berbagai daerah di penjuru Tanah Air. Tercatat sudah lebih dari 22.700 pohon telah ditanam sejak 2012 di seluruh Indonesia.

Program ini sendiri didukung oleh Yayasan AHM, PT Hitachi AStemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.