Home » Aprilia SR 160 Meluncur, Pesaing Honda Vario 160 Nih!

Aprilia SR 160 Meluncur, Pesaing Honda Vario 160 Nih!

by Ilham
Aprilia SR 160

OtoBikes-Pabrikan asal italia Aprilia yang tergabung dalam Piaggio Group baru saja meluncurkan Aprilia SR 160 di India. Skutik yang satu ini memang tidak memiliki lawan langsung di India, akan tetapi jika motor ini masuk ke Indonesia akan menjadi pesaing berat dari Honda Vario 160 dan juga Yamaha Aerox 155.

Skutik bongsor ytang satu ini sekarang sedang dijual di India, namun ada sinyal bakalan hadir di Indonesia. Hal itu terlihat dari gelagatnya di MotoGP Mandalika pada maret 2022 lalu. Disana Aprilia memerkan skutik SR GT 200 yang menggabungkan desain yang sporty dan juga nuansa adventure. Walaupun belum ada tanggal resmi kapan motor Aprilia ini akan menjual SR GT 200 di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menarik dari skutik yang satu ini, kamu wajib baca. Yuk disimak dibawah.

Desain dari Aprilia SR 160

Aprilia SR 16P secara keseluruhan tampilan memang sangat sporty. Body bagian depannya ada bagian yang meruncing, sementara bagian tengah ke belakang sedikit meruncing yang menambah kesan racy banget pada motor ini.

Desainnya mencampurkan antara flexibilitas suatu skuter dengan DNA suatu motor sport. Coba amati bagian depannya, pas di bawah headlamp terdapat semacam  “paru bebek” yang buatnya semacam motor petualang.

Untuk bagian lampu depan motor ini sudah menggunakan LED lengkap dengan DRL yang posisinya terletak pada bagian depan. Sedangkan lampu seinnya berada pada area stang kemudi. Lampu bagian dari motor ini juga terlihat agresif berlat penggunaan spotlamp model X dan juga lampu sein yang terpisah dari bagian motor ini, sehingga terlihat seperti motor sport.

Fitur dan kaki-kaki

Berbicara fitur yang ada pada motor ini sudah dilengkapi dengan lampu LED. Motor ini sudah dibekali dengan instrumen digital yang bisa terkoneksi dengan dengan smartphone dari pengendara. Fitur lainnya yang ada pada motor ini adalah dari segi pengereman. Walaupun rem belakang masih menggunakan tromol namun untuk rem depan sudah menggunakan cakram lengkap ABS (Anti-Braking System).

Ubahan yang sangat jelas terdapat di bagian panel meternya, bila lebih dahulu sedang memakai bentuk analog, hingga di tipe 2022 ini telah memakai cluster m full digital dengan kerangka warna merah. Tidak tertinggal, teknologi konektivitas ponsel pintar pula ditanamkan supaya mempermudah juru mudi memperoleh data sekeliling alat transportasi dari layar kerja.

Untuk perihal kaki-kaki pada motor ini sudah memakai suspensi depan dengan model teleskopik dan suspensi pada bagian belakang sudah menggunakan suspensi tunggal. Perpaduan yang menarik ini menghasilkan tinggi jok 775 mm yang masih cukup digunakan oleh orang asia.

Pada bagian roda, velg yang digunakan merupakan velg racing berdiameter 14 inchi dengan ukuran ban 120/70 pada bagian ban depan dan belakang.

Spesifikasi mesin

Sesuai dengan namanya yaitu Aprilia SR 160, mesin yang digunakan pada motor ini adalah sebesar 160 cc 1 siliner 3 klep SOHC dengan pendingin udara. Mesin yang dipasang pada motor ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 9dk dengan torsi maksimum 11,6 nm.

Aprilia SR 160 yang dijual di India ditawarkan dalam tiga varian yaitu standard, carbon, dan race. Dengan cara keseluruhan, Aprilia SR 160 2022 mempunyai berat 122 kg dengan kapasitas tangki BBM di 6 liter.

Harga   

Mengacu pada laman Aprlia India, untuk tipe yang standar Aprilia membandrolnya dengan harga setara Rp 23 jutaan. Untuk varian yang carbon setara dengan Rp 24 jutaan, dan yang tipe tertinggi yaitu tipe race sebesar Rp 25 jutaan.

Sepertinya bakalan menarik jika motor ini ada di Indonesia karena harganya pasti akan mirip-mirip dengan versi india.

Demikian adalah informasi mengenai Aprilia SR 160. Kita berdoa saja semoga motor ini masuk ke Indonesia dan akan menjadi pesaing berat dari Honda  Vario 160. Semoga artikel ini dapat membantu.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.