Home » <strong>Ban Tanpa Udara </strong><strong>dengan Teknologi Non-Pneumatik</strong>

Ban Tanpa Udara dengan Teknologi Non-Pneumatik

by Defa

OTOBIKES,- Tidak mau kalah dengan Produk Michelin dengan Ban Michelin Uptis (Unique Puncture-proof Tire System) dan Brigedstone dengan Ban QuletTracknya. Produsen Ban asal Korea Selatan juga resmi memperkenalkan ban Hankook i-Flex dengan teknologi NPT (non-pneumatik) yang sudah dikembangkan sejak tahun 2010.

Hankook bekerja sama dengan Hyundai dan memperkenalkan ban i-Flex di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2022 di Las Vegas Amerika Serikat pada Januari lalu. Ban Hankook i-Flex ini dikembangkan melalui studi dan pengujian biomimetik yang sangat teliti, dengan desain yang terinspirasi dari spoke multi-layer saling terkait, ban ini bisa menyerap guncangan jalanan dan menanggung beban.

Spoke multi-layer yang saling terkait memungkinkan untuk penyerapan kejut (shock absorption) yang lebih baik. Ban ini juga aman dari kecelakaan yang disebabkan tusukan benda tajam di jalanan.

Hankook menggunakan ban ini di mobil konsep Hyundai L7, mobil dengan kemampuan sudut belok roda tak terbatas, jadi bisa mengubah arah kemana saja. Lalu ban ini juga tidak dibuat dengan ukuran mobil standar tapi menyesuaikan dengan mobil Hyundai L7 dengan ukuran rim 10 inci dan diameter 15,7 inci dan lebar 105mm.

Namun hingga saat ini Hankook belum memberitahu kapan ban hasil karya nya itu bisa tersedia dan dijual dipasaran. Mereka masih melanjutkan penelitian dan pengembangannya untuk penyempurnaan lebih lanjut.

Sepertinya Hankook akan menjadi produsen ketiga yang membuat ban tanpa udara “airless tire” setelah Michelin dan Bridgestone. Kita tunggu.* (RENALDI)

BACA JUGA : Jelang Race Perdana, Marc Marquez Tidak Merasakan Nyeri Bahu Lagi

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.