Home » Beberapa Perbedaan Motor MotoGP dengan Jenis Sport yang Digunakan di Jalanan

Beberapa Perbedaan Motor MotoGP dengan Jenis Sport yang Digunakan di Jalanan

by Malda
Motor Marc Marquez di IIMS 2022.* (FOTO: Renaldi)

OTOBIKES,- Motor yang digunakan untuk ajang balap memliki banyak perbedaan dari kendaraan roda dua berjenis sport di jalanan. Apa saja perbedaannya? Simak ulasannya berikut.


Perbedaan yang paling mencolok adalah bodi. Motor balap menggunakan bahan dari carbon ringan dengan warna sesuai ciri khas pabrikannya masing-masing. Sedangkan untuk motor-motor jenis sport umum menggunakan bahan dari plastik biasa.


Kemudian dari penampakannya juga terlihat berbeda. MotoGP tidak dilengkapi dengan lampu penerangan di bagian depan, lampu sein dan spion di kiri kanan. Sementara motor sport yang digunakan di jalan raya harus memiliki itu semua agar laik jalan.

Baca Juga : Beberapa Sirkuit MotoGP yang Paling Berbahaya


Selain itu, teknologi-teknologi motor untuk ajang balap dunia itu juga canggih, diantaranya klep pneumatic yang memanfaatkan gas bukan per untuk membuat klep naik turun. Lalu ada juga seamless transmission yang bisa membuat pebalap motor tidak perlu menekan lagi kopling untuk menaikan atau menurunkan gigi. Sementara motor sport yang digunakan di jalanan harus menekan kopling lebih dahulu untuk memasukan gigi.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.