Home » Beberapa Sirkuit MotoGP yang Paling Berbahaya

Beberapa Sirkuit MotoGP yang Paling Berbahaya

by Malda
Sirkuit Mandalika, Indonesia.*(FOTO: Pinterest)

OTOBIKES,- Lintasan sirkuit aspal sebenarnya sudah menjadi sahabat bagi para pebalap MotoGP. Tiap hari mereka melakukan latihan di sirkuit dan tiap akhir pekan mereka balapan. Tetapi resiko seperti cedera atau bahkan kematian selalu membayang-bayangi sang rider. Motor dipacu hingga lebih dari 300km/jam di lintasan memiliki tingkat bahaya yang tinggi.


Selain faktor kecepatan, ada juga faktor lintasan atau sirkuit yang berbeda-beda spesifikasinya dan membuat para pebalap kesulitan. Mereka sering terjatuh dan menyebabkan cedera bahkan hilangnya nyawa.


Beberapa sirkuit yang telah membuat cedera dan merenggut nyawa pebalap itulah yang kini dijuluki sebagai sirkuit berbahaya. Dimana saja lintasan itu? Ini daftarnya.


Sirkuit Mandalika
Sirkuit yang baru dibangun pada tahun 2021 ini masuk ke daftar sirkuit yang berbahaya. Meskipun berada di pinggir pantai dengan pemandangan bagai di surga. Berbeda ketika sudah berada di lintasan, para pebalap harus merasakan keras dan panasnya aspal Mandalika.

Baca Juga : Marc Marquez Kembali Alami Diplopia Setelah Crash di Sirkuit Mandalika


Contohnya, pebalap yang sudah meraih gelar juara dunia 6 kali yaitu Marc Marquez. Saat latihan di GP Mandalika maret 2022 lalu, ia terpaksa harus mencium aspal Mandalika sebanyak 3 kali. Kejadian tersebut membuatnya terpaksa absen saat Race GP Indonesia dan setelahnya, karena menderita gegar otak ringan dan diplopianya yang kembali kambuh.


Faktor sirkuit baru juga bisa menjadi alasan sirkuit ini menjadi berbahaya. Karena, para rider belum hafal dengan baik tikungan dan cara melaluinya.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.