Home » Biaya Kepemilikan Yamaha Gear 125 Buat Satu Tahun

Biaya Kepemilikan Yamaha Gear 125 Buat Satu Tahun

by AdminOto
Yamaha Gear 125

OTOBIKES – Yamaha Gear 125 tidak hanya menawarkan performa mesin yang andal, irit bahan bakar dan harga yang murah. Ternyata ada satu keunggulan lainnya yakni biaya kepemilikan motor ini juga terbilang murah.

Konsumen belakangan ini cukup kritis dalam menentukan pilihan kendaraan sehari-hari. Untuk memilih tunggangan, kebanyakan orang saat ini cenderung lebih suka dengan produk jenis skutik.

Kendaraan jenis skutik ini menjadi pilihan masyarakat Tanah Air, karena menawarkan flexibiltas. Selain itu, skutik juga menawarkan efisiensi penggunaan bahan bakar sehingga semakin memanjakan.

Skutik yang irit bahan bakar akan menjadi pilihan utama masyarakat di kelas entry-level. Tidak hanya irit bahan bakar, kendaraan juga harus mudah dalam hal perawatan sehingga tidak merugikan konsumen.

Yamaha Indonesia merupakan salah satu pabrikan motor di Tanah Air yang menawarkan skutik di segmen entry-level. Sebut saja Yamaha Gear 125, FreeGo 125, Fino Series, X-Ride dan Mio Series yang bermain di kelas entry-level.

Baca juga : Triumph Perpanjang Kontrak di Moto2 Hingga 2024 dengan Performa Lebih Baik

Sebagai pemain di kelas bawah, manufaktur asal Jepang ini menjelaskan berapa biaya kepemilikan produknya di atas, khususnya Gear 125. Dengan ini konsumen akan semakin mantap untuk menentukan pilihannya.

“Masyarakat Indonesia semakin kritis dalam memilih sepeda motor. Maka dari itu, menawarkan skutik 125 cc yang memiliki banyak fitur canggih dan praktis dengan harga terjangkau,” kata Riyadi, Manager After Sales CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ia menjelaskan bahwa biaya kepemilikan Yamaha Gear 125 meliputi servis, sparepart dan konsumsi BBM. Rincian biaya sendiri mengacu pada harga yang ditetapkan Yamaha Flagship Shop (FSS), sehingga mungkin akan terdapat perbedaan harga di masing dealer maupun area.

Dikatakan bahwa secara umum, skutik Yamaha 125 hanya perlu mengeluarkan biaya wajib sebesar 290 ribuan untuk satu tahun pemakaian. Adapun dana tersebut sudah termasuk dengan part dan servis ringan menggunakan Yamaha Diagnostic Tools (YDT) dan Yamalube FI Cleaner.

“Yamaha memberikan fasilitas Kartu Servis Gratis (KSG) untuk 4 kali servis di tahun pertama. Selain itu, Yamaha juga memberikan 1 kali gratis penggantian oli mesin. Dan setelahnya oli harus diganti setiap 3000 km, dikenakan biaya sebesar 47.500,” ucap Hasan Ardiansyah, Service Advisor Yamaha FSS.

Kemudian pada tahun pertama juga ada estimasi penggantian busi biasanya per 6000 km sebesar Rp 14.500, penggantian oli transmisi maksimal 12000 km sebesar Rp 13.000. Agar performa semakin mantap, perlu dilakukan perawatan CVT per 12000 km dengan biaya sebesar Rp 35.000, dan perawatan Injeksi 12000 km harga Rp.75.000.

Konsumsi bahan bakar Yamaha Gear 125 sebanyak 115 liter untuk menempuh jarak 9 ribu kilometer dalam 1 tahun. Jika menggunakan bensin oktan 90 (Pertalite) dengan harga Rp 7,650 per liter (update per 16/8/2021), maka estimasi biaya BBM yang perlu dikeluarkan pengguna Yamaha Gear 125 sebesar Rp 879.750, atau kurang dari 1 juta rupiah.

Dari kedua perhitungan diatas, total biaya wajib selama setahun pertama Yamaha Gear 125 sebesar Rp 1.174.250.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.