Home » Bus Listrik Canggih Karya Anak Bangsa

Bus Listrik Canggih Karya Anak Bangsa

by zizi

OTOBIKES,- Tidak hanya motor dan mobil listrik pribadi saja yang hadir di Tanah Air.  Tetapi Indonesia juga mempunyai kendaraan umum besar berupa bus yang berenergi baterai.  Tidak hanya ramah lingkungan tapi juga memiliki teknologi canggih.  Bus ini produksi dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dan PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN).

Melalui kerjasama dengan PT TKDN, membuat bus ini lengkap dengan ragam perangkat.  Seperti TAM Fleet (TKDN Advance Mobility) berteknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligent (AI). Dalam kerja sama tersebut, sekitar 300 unit bus listrik MAB menggunakan teknologi TKDN Advance Mobility.

IoT TAM Fleet memiliki beragam fungsi. Antara lain driver safety monitoring yang dapat memantau perilaku pengemudi.  Jadi tidak akan ada lagi pengemudi bus yang ugal-ugalan di jalanan. Lalu ada juga perangkat blind spot detection yang menggunakan 3D depth camera with AI.  Yang mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan di sekitar bus.  Kemampuannya ini diklaim keakuratannnya sampai 95% sehingga bisa meminimalisir laka lantas.

Kemudian ada juga teknologi AI pada perangkat APC.  Yaitu dapat menghitung jumlah penumpang yang naik secara akurat. Ada juga Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan Indicator R-Watch bahkan dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur.  Atau melewati batas kecepatan dan jika terjadi potensi tabrakan depan.

Bus Listrik Hasil Karya PT Mobil Anak Bangsa Indonesia.* (FOTO: Laman Resmi: mabindonesia.com

BACA JUGA: Yamaha FZ25 Hadir dengan Livery Marvel Edisi Thor Si Dewa Petir

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.