Home » Capai Rp1,5 Triliun, Perputaran Ekonomi Sektor Otomotif Jawa

Capai Rp1,5 Triliun, Perputaran Ekonomi Sektor Otomotif Jawa

by AdminOto

OTOBIKES (KOTA BANDUNG),- Perputaran uang dari sektor otomotif di Jabar mencapai Rp1,5 triliun per tahun. Perputaran ekonomi otomotif tersebut berasal dari belanja bahan bakar minyak, penginapan, kuliner, hiburan, hingga pedagang kaki lima. Demikian dikemukakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam siaran pers Pemprov Jabar.

“Tercatat perputaran ekonomi dari sektor otomotif di Jabar per tahun mencapai Rp 1,2 triliun hingga Rp1,5 triliun dari mulai belanja BBM, penginapan, kuliner, pedagang kaki lima, seniman, katering, transportasi, dan lain-lain,” ungkap Gubernur saat memberi sambutan pada Acara Pelantikan Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar, di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (05/03/2022).

Dalam pelantikan pengurus IMI Jabar, Daniel Mutaqien Syafiuddin bersama pengurus lainnya lantik oleh Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo untuk memimpin IMI Jabar hingga empat tahun kedepan. Turut hadir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, saksikan legenda otomotif nasional Tinton Suprapto.

Perputaran uang dari sektor otomotif di Jabar mencapai Rp1,5 triliun per tahun.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)

Kata Zainudin Amali

Zainudin Amali mengatakan, otomotif kini bukan hanya sekadar olahraga, melainkan sudah menjadi industri. Pihak Kemenpora pun mengapresiasi otomotif di Jabar yang mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi dengan jumlah mencapai lebih dari Rp1 triliun.

“Saya setuju bukan hanya olahraga, otomotif pun sudah menjadi industri. Jabar sudah membuktikannya dengan sumbangan per tahun atas Rp 1 triliun. Saya kira ini bisa kita dorong dengan cabor lainnya,” ujar Menpora.

Ia mengungkapkan bahwa dalam desain besar olahraga nasional ada dua hal yang tekankan selain prestasi, yaitu sport industry dan sport tourism. Jabar sangat kaya akan industri dan sport tourism, sehingga tinggal tingkatkan promosinya ke mancanegara.

BACA JUGA : Wajah Baru Honda Supra X 125 2022, Tampil Segar danĀ Sporty

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.