Home » Cara Kerja dan Fungsi Setang Seher

Cara Kerja dan Fungsi Setang Seher

by Tommy JP
Setang Piston

OTOBIKES – Setang seher atau setang piston berfungsi untuk menghubungkan poros engkol dengan silinder. Komponen satu ini membantu piston naik dan turun sehingga terjadinya proses pembakaran.

Gerakan naik dan turun piston dalam proses pembakaran sehingga dapat menghasilkan gerakan berputar pada kruk as. Gerakan berputar kruk as dapat membantu menghasilkan tenaga untuk mmenggerakan mesin.

Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut ini komponen-komponen penting pada setang seher :

Setang piston memiliki dua lubang yang berukuran berbeda satu sama lain. Bagian atas bernama small end, sementara pada bagian bawah big end.

Kedua lubang dirancang dengan fungsinya masing-masing untuk meningkatkan performa kendaraan.

  • Small End

Small End terletak pada bagian ujung atas setang seher dengan ukuran yang sangat kecil. Fungsinya menghubungkan batang silinder dengan kepala silinder. Keduanya akan mempengaruhi pen piston yang terkunci.

  • Big End

Komponen ini terletak di bawah dengan bentuk lebih besar. Pemasangannya berada di bagian poros engkol atau kruk as. Fungsinya menghubungkan crank pin pada setiap silinder kendaraan lalu membantu untuk mendorong perputaran mesin.

Cara Kerja Setang Seher

Cara kerjanya yakni terjadi proses pembakaran pada bagian poros engkol. Pada proses tersebut akan menghasilkan energi lurus menjadi energi putar.

Perubahan energi tersebut akan terjadi seiring berlangsungnya pembakaran bahan bakar saat kendaraan dijalankan. Energi putar selanjutnya diteruskan pada silinder sehingga mesin dapat bergerak.

Fungsi Setang Seher pada Mesin Motor

Seperti disebutkan di atas setang piston dapat membantu memperbaiki performa motor dengan mengubah energi lurus. Setang yang didukung komponen lain memiliki peran dan fungsi masing-masing.

Untuk dapat menghasilkan tenaga pada motor, maka harus terjadi perpindahan energi pada kruk as yang terhubung langsung setang piston. Komponen tersebut juga berperan sebagai tempat penyimpanan oli.

Adapun terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan setang seher mengalami kerusakan atau aus. Kondisi setang harus mendapat perhatian karena jika rusak atau aus bisa menular pada komponen lainnya.

Baca juga : Ringan! Segini Cicilan Suzuki GSX-R150 Tiap Bulannya

Setang piston bisa rusak apabila menggunakan oli berkualitas jelek. Sehingga sistem pelumasan tidak sempurna pada seluruh bagian mesin dan menyebabkan silinder cepat aus.

Penyebab lain dari rusaknya setang seher adalah kebiasaan memacu motor dengan kecepatan tinggi. Mesin yang kerap bekerja keras tentunya akan membuat komponen di dalam ruang bakar lebih cepat mengalami kerusakan.

Lalu kebiasaan berkendara dengan cara membuka gas mengentak juga bisa menjadi penyebab rusaknya setang seher. Kruk as yang ditarik dengan kuat secara tiba-tiba akan lebih cepat oblak.

Pada dasarnya motor harian tidak dirancang untuk balapan. Sehingga dengan berkendara secara normal dan tidak memaksa mesin bekerja keras, bisa membuat performa mesin tetap optimal.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.