Home » Cara Membedakan Kampas Rem Asli dan Palsu

Cara Membedakan Kampas Rem Asli dan Palsu

by Tommy JP
Kampas Rem Motor

OTOBIKES – Membeli kampas rem jangan mudah tergiur dengan harga murah. Karena salah-salah bisa mendapatkan komponen aspal (asli tapi palsu) sehingga bisa merugikan pada akhirnya.

Rem berfungsi untuk menghentikan kendaraan. Pada sepeda motor, rem harus mendapatkan perhatian lebih.

Hal ini dikarenakan perangkat kampas rem terletak di tempat yang terbuka (khusus cakram). Jika tidak rutin dibersihkan, maka bisa berpengaruh pada keselamatan berkendara.

Rem sendiri mengandalkan kampas untuk mengendalikan laju kendaraan. Dengan kondisi sangat vital, perangkat rem sebaiknya sering untuk diperiksa dan segera ganti kampas apabila sudah tipis atau aus.

Pada umumnya kampas jika telah aus akan menimbulkan bunyi yang mengganggu saat melakukan pengereman. Selain itu, fungsinya juga mulai berkurang dan membutuhkan upaya keras untuk menghentikan motor. Saat waktu penggantian tiba, Sobat Otobikes harus cermat dalam memilih kampas terbaik.

Yang penting untuk dicermati adalah pastikan untuk membeli barang berkualitas. Ada beragam piihan baik versi original bawaan pabrik mau pun aftermarket dan ingat jangan sampai salah membeli kampas rem yang ternyata palsu.

Komponen palsu ini bisa dipastikan memiliki durabilitas yang jauh lebih lemah dibandingkan aslinya. Kinerjanya tidak bisa diandalkan, banyak juga bikers yang celaka akibat penggunaan barang palsu misalnya saat tiba-tiba kampas rem patah atau sepatu (kampas) terlepas .

Baca Juga : 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Bengkel Motor

Berikut adalah tips mengenali kampas rem aspal yang dikutip dari laman resmi Wahana Honda.

  • Hologram

Dikatakan bahwa kampas rem asli memiliki hologram logo Sayap Mengepak dan terdapat tulisan HGB pada sisi atas. Mereka juga membenamkan hologram bersebelahan dengan barcode.

Pada kampas rem palsu dikatakan bahwa semuanya tampak buram alias tidak jelas. Menggunakan kampas rem palsu dipastikan akan merugikan Sobat sekalian.

  • Material

Pabrikan saat ini mengembangkan kampas rem dengan material non-asbestos. Material tersebut dipadankan dengan tembaga pada permukaannya halus.

Sementara pada kampas palsu biasanya masih menggunakan bahan asbes. Selain itu permukaannya terasa kasar dan teksturnya rapuh.

  • Kode

Kampas rem asli tentunya dibekali dengan kode produksi dari pabrik pembuatnya. Jika kode tidak bisa ditemukan, maka bisa dipastikan Sobat tengah melihat kampas rem palsu.

  • Harga

Sobat Otobikes jangan mudah tergiur membeli kampas rem dengan harga murah. Karena perbedaan harga bisa menjadi salah satu penanda keaslian produk.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.