Home » Cara Merawat Ban Tubeless

Cara Merawat Ban Tubeless

by Tommy JP
ban tubeless

OTOBIKES – Ban tubeless memiliki keunggulan karena lebih tahan banting dibandingkan ban tube type. Meskipun lebih tangguh Sobat Otobikes tetap harus melakukan perawatan berkala.

Ban tubeless dirancang untuk tidak menggunakan ban dalam. Pada umumnya ban jenis ini dijual satu paket dengan motor yang menggunakan pelek racing atau casting.

Dikutip dari laman Astra Motor, berikut ini cara untuk merawat ban tubeless.

  • Menggunakan Nitrogen

Sobat Otobikes yang menggunakan ban tubeless pada motornya diharapkan memakai gas nitrogen. Berbeda dengan angin biasa, nitrogen memiliki kemampuan mengurangi panas.

Baca juga : Cara Membedakan Kampas Rem Asli dan Palsu

Ban yang digunakan dalam waktu lama dan kecepatan tinggi berpotensi menghasilkan hawa panas. Sehingga dengan suhu yang lebih stabil, akan membuat umur ban tubeless lebih awet.

Selain itu Sobat Otobikes juga perlu memperhatikan tekanan angin dalam ban. Hal ini selain menambah daya tahan ban dan juga berfungsi untuk membuat manuver kendaraan maksimal.

  • Perhatikan Pelindung di Dalam Ban

Ban tubeless sejatinya memiliki pelindung atau seal yang berguna mencegah angin keluar dari ban. Seal ini sendiri memiliki durasi pemakaian, sehingga ketika sudah rusak maka angin bisa keluar dengan sendirinya dari dalam ban.

Biasanya kasus berkurangnya tekanan angin pada ban tubeless namun tidak ada kebocoran, disebabkan adanya kerusakan pada seal. Jika hal ini terjadi maka Sobat Otobikes harus menggantinya.

Selain seal, berkurangnya tekanan angin bisa juga disebabkan oleh adanya kotoran pada bagian seal tersebut. Kejadian ini bisa terjadi pada saat proses pemasangan yang tidak teliti.

Ban tubeless sendiri memiliki beberapa keunggulan meliputi

  • Ban tubeless tidak mudah bocor dan kehilangan angin. Jadi ban tubeless ini awet jika dibandingkan dengan ban konvensional karena di desain dengan sangat kuat.
  • Ban tubeless juga lebih mudah jika ditambal, apabila ban tubeless mengalami kebocoran. Bahkan jika Sobat Otobikes memiliki ban tubeless lain, bisa menggantinya.
  • Ban tubeless memiliki sistem yang baik untuk menjaga tekanan ban. Jadi, Sobat Otobikes tidak perlu khawatir tekanan ban akan berkurang, karena ban tubeless dan velg tubeless didesain sedemikian rupa untuk mencegah berkurangnya tekanan ban.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.