Home » Lakukan Perawatan Rutin Honda Beat Anda Agar Mesin Lebih Awet

Lakukan Perawatan Rutin Honda Beat Anda Agar Mesin Lebih Awet

by AdminOto
OTOBIKES - Perawatan Rutin Honda Beat Ini Bisa Membuat Motor Lebih Awet

OTOBIKES Perawatan rutin Honda Beat wajib Anda lakukan apabila memiliki motor matic satu ini. Pasalnya, merawat motor dapat membuat mesin menjadi lebih awet.

Di Indonesia sendiri tren pengguna motor matic terus meningkat setiap tahunnya. Karenanya, banyak perusahaan otomotif yang memproduksi motor matic baru.

Dalam beberapa tahun belakangan, motor matic terus mengalami modernisasi dengan berbagai fitur dan teknologi termutakhir. Karenanya, banyak pengguna yang mengupgrade motor mereka dengan versi terbaru.

Hal itu selain ingin merasakan sensasi baru berkendara, membuat pengguna terus merasa nyaman menggunakan motor matic. Akan tetapi, hal itu juga bisa Anda dapatkan apabila merawat motor Honda Beat secara rutin.

Sayangnya, merawat motor matic seperti Honda Beat dengan teratur tidak banyak orang yang melakukannya. Padahal, caranya sangat mudah dan tidak memerlukan banyak biaya.

Bandingkan dengan kerusakan akibat motor yang tidak terawat. Oleh karenanya, ikuti sejumlah tips perawatan motor Honda Beat di bawah ini, agar mesin tetap awet.

Panaskan Mesin Secara Rutin di Pagi Hari

Memanaskan motor matic secara rutin di pagi hari, membuat oli di dalam mesin siap melumasi mesin dalam performa maksimal. Hal ini membuat mesin bekerja dengan lebih siap saat Anda gunakan, tidak terkecuali Honda Beat.

Waktu memanaskan mesin motor matic yang baik adalah selama 5-10 menit. Selain itu, gunakan kick starter saat memanaskan mesin agar AKI motor tidak terganggu performanya.

Rawat AKI Honda Beat Secara Rutin

Kondisi AKI motor Honda Beat, sangat berpengaruh terhadap performa motor. Oleh karena itu, lakukan perawatan secara rutin agar Anda lebih mudah menggunakan motor, terutama saat memakai starter elektrik.

AKI motor sendiri tidak mudah mengetahui kondisinya. Karenanya, seringkai pengguna motor matic mengalami masalah ini. Agar hal itu tidak terjadi kepada Anda, sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala di bengkel terdekat yang Anda percaya atau kunjungi bengkel resmi motor Honda.

Perawatan Rutin Honda Beat dengan Mengganti Oli

Tips merawat motor Honda Beat selanjutnya adalah mengganti oli secara rutin. Untuk motor matic mengganti oli sangat penging karena dapat mempengaruhi performa dan mesin motor.

Bahkan, jika terlalu sering terlambat mengganti oli, motor Honda Beat Anda dapat mengalami kerusakan yang parah. Karenanya, meskipun sepele, sebaiknya lakukan ganti oli motor Anda secara rutin.

Selain oli mesin, oli shocbraker juga penting untuk membuat motor Honda Beat Anda lebih awet.

Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Cara merawat motor matic yang paling sederhana adalah jangan sampai motor Anda kehabisan bensin di tengah jalan. Hal ini dapat menimbulkan masalah permanen terhadap motor Anda.

Apabila motor kehabisan di tengah jalan, tetapi Anda tetap memaksa menyalakannya dapat membuat starter bermasalah. Jika ini terjadi motor Honda Beat Anda tidak dapat berfungsi dengan prima lagi.

Selain itu, penggunaan bensin yang memiliki oktan lebih tinggi juga berpengaruh. Karenanya, penggunaan pertalite, dengan pertamax akan mempengaruhi kinerja mesin motor Anda.

Servis Rutin di Bengkel untuk Perawatan Motor Honda Beat

Satu hal yang paling penting untuk membuat motor Honda Beat Anda awet adalah melakukan service secara rutin di bengkel resmi. Perawatan ini biasanya berlaku setiap 3 bulan sekali, dengan service motor meliputi ganti oli, membersihkan karburator dan seting motor.

Apabila Anda ingin mengganti komponen motor seperti AKI, sebaiknya melakukannya di bengkel motor resmi Honda. Pasalnya, penggunaan AKI standar sangat penting untuk membuat mesin motor lebih awet.

Namun, biaya pembelian suku cadang motor akan lebih mahal karena menggunakan produk original. Akan tetapi, itu akan sebanding dengan kondisi motor matic Anda yang lebih awet, daripada menggunakan suku cadang asal-asalan.

Sementara itu, jika melakukan service di bengkel biasa, pastikan montir yang merawat motor Anda memahami perawatan mesin motor matic. Pasalnya, motor matic, khususnya Honda Beat memiliki treatmen perawatan yang berbeda dengan motor bebek, maupun motor jenis lain.

Demikian adalah sejumlah tips untuk perawatan motor Honda Beat, agar lebih awet masa pemakaiannya. Lakukan tips di atas apabila ingin memiliki motor matic yang tahan lama.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.