Home » Cara Merawat Rem Cakram Pada Motor

Cara Merawat Rem Cakram Pada Motor

by Anjar

OTOBIKES – Sistem pengereman pada kendaraan bermotor mungkin jadi salah satu komponen penting sebagai penentu keselamatan berkendara, tapi minim perawatan. Karena itu, perawatan rem justru terkadang diabaikan. Misalnya saat mengganti atau menambah minyak rem di model disc brake.

“Sistem rem bekerja menggunakan prinsip hidraulis. Dan minyak rem digunakan sebagai media perpindahan energi. Hal ini yang membuat kendaraan bisa berhenti sempurna,” jelas Marc Jarvis, General Manager STP USA.

Pria asal Amerika Serikat tersebut mengatakan jika saat pengereman di rem cakram akan mengubah energi kinetis menjadi panas. Sehingga dalam kondisi tertentu, seperti saat kecepatan tinggi dan stop and go di kemacetan akan membuat peranti rem, termasuk bagian minyaknya mengalami panas yang ekstrim.

Baca Juga: Ini Risiko Malas Cuci Motor di Musim Hujan

Menjawab kebutuhan tersebut, STP menghadirkan minyak rem baru dengan teknologi Activgard yang dirancang memiliki titik didih di atas minyak rem standar. Sehingga, performa pengereman tetap terjaga meski kondisi panas ekstrim karena penggunaan di kecepatan tinggi dan kemacetan.

Lalu, Activgard juga dapat melindungi komponen besi/metal dari karat dan korosi yang terdapat di sistem rem. Agar awet, Activgard juga menjaga pipa kapiler sistem rem dari hambatan akibat pembentukan endapan karena oksidasi sehingga melancarkan sirkulasi minyak rem.

Di samping itu, minyak rem ini dapat mengikat unsur air akibat kelembaban udara di dalam sistem rem sehingga tidak menyebabkan oksidasi dan menghindari rem blong akibat angin palsu.

Baca Juga: Tips Bagi Motor yang Tidak Lulus Emisi

Untuk tipe DOT 3 terdapat kemasan ukuran 300mL, 1000mL, dan 20L. Sedangkan tipe DOT 4 terdapat kemasan ukuran 50mL dan 300mL. Produk ini tersedia di toko online, toko oli, toko sparepart dan bengkel terdekat. Dengan harga mulai Rp 12.000.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.