Home » Cara Merawat Smart Key System, Ingat Tidak Bisa Sembarangan

Cara Merawat Smart Key System, Ingat Tidak Bisa Sembarangan

by Dino
Smart Key System

OTOBIKES – Fitur keyless pada sepeda motor belakangan ini semakin mudah ditemui di Tanah Air. Dengan ini maka pengendara tidak perlu lagi memasukkan anak kunci untuk menyalakan sepeda motor.

Pengendara cukup langsung menekan tombol starter dan sepeda motor pun akan langsung menyala. Pada Honda, fitur tersebut disebut dengan Smart Key System.

Tak hanya bisa menyalakan sepeda motor tanpa anak kunci, Smart Key System juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti answer back system dan anti thief alarm. Answer back system merupakan fitur untuk menemukan posisi sepeda motor dan memberitahu bahwa fungsi immobilizer pada sistem Honda Smart Key telah diaktifkan. Sementara itu, fitur anti thief alarm (sistem alarm anti-maling) berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian.

Meski canggih, tapi Smart Key System harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak mengalami kerusakan. Dan berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan Smart Key System bekerja optimal.

Hindari Tekanan Berlebih

Tekanan yang berlebih pada remote smart key dapat menimbulkan kerusakan. Tekan tombol remote sewajarnya saat mengaktifkan atau menggunakan fitur yang tersedia. Hindari juga menjatuhkan remote dari ketinggian berapapun

Usahakan Tetap Kering

Perlu diketahui bahwa air adalah musuh utama dari remote Smart key System. Pasalnya air yang masuk dari sela-sela remote dapat berpotensi menimbulkan kerusakan dan menyebabkan hubungan arus pendek.

Bila memang sudah terlanjur basah terkena air, maka sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Hindari juga paparan sinar matahari terlalu lama karena dapat merusak komponen pada remote.

Jangan Meletakan Remote di Dalam Bagasi

Meletakkan remote di bagasi sangat berisiko tertinggal dan membuat motor bisa dioperasikan oleh orang lain. Untuk itu, pastikan untuk selalu menaruk remote pada kantong atau tempat lain yang menempel pada Sobat Otobikes.

Hindari Radiasi Elektromagnet

Jauhkan Honda Smart Key System dari benda-benda yang menghasilkan gelombang radio seperti televisi, komputer/laptop, handphone, tower pemancar karena berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remote Smart Key System.

Simpan dan Rahasiakan ID Tag

Pastikan untuk selalu menyimpan ID Tag di tempat yang aman dan jangan memberitahukan kode ID Tag kepada orang lain. ID tag berfungsi sebagai alat untuk mengoperasikan sepeda motor dalam kondisi darurat, registrasi tambahan saat semua Honda Smart Key System hilang dan registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti.

Simpan Smart Key Cadangan di Rumah

Sangat disarankan untuk tidak membawa Smart Key cadangan saat berkendara. Dengan in maka bila Smart Key hilang, Sobat Otobikes masih memiliki cadangannya di rumah.

Posisikan Remote Off Saat Tidak Digunakan

Pada saat Sobat Otobikes sudah sampai di tempat tujuan, pastikan posisi sepeda motor di kunci setang dan remote posisi Off, agar sinyal yang menghubungkan smart key dan motor terputus. Indikator Honda Smart Key System ada di posisi OFF adalah lampu berwarna merah pada remote dan akan menyala saat ditekan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.