Home » Casey Stoner: Run-off Tikungan MotoGP “Hal Terburuk yang Terjadi”

Casey Stoner: Run-off Tikungan MotoGP “Hal Terburuk yang Terjadi”

by Reza Oktavian

OTOBIKES- Dalam upaya untuk meningkatkan keselamatan di motorsport, sebagian besar sirkuit memiliki tepi trek rumput, kerikil, dan astro-turf yang digantikan oleh limpasan aspal selama dekade terakhir ini.

Pada MotoGP 2021 memasang sensor di area run-off yang dicat hijau di luar batas sirkuit hingga batas trek polisi, sementara pengendara dalam balapan hanya diperbolehkan melebihi batas trek empat kali sebelum diberi penalti.

Ditanya tentang bagaimana keselamatan di kelas junior balap motor dapat ditingkatkan menyusul tiga kecelakaan fatal pada tahun 2021 dan peningkatan pengendaraan berbahaya, khususnya di Moto3, Stoner mengatakan penerapan aturan telah menjadi masalah.

Tapi dia merasa kontributor terbesar penurunan standar berkendara adalah fakta bahwa pengendara “tidak takut” lagi dalam pertempuran karena aspal run-off melapisi tikungan sekarang.

Baca juga: Pemulihan Marquez MotoGP di Jalurnya di Tengah Perawatan untuk Penglihatan Ganda

“Saya pikir dukungan harus datang lebih banyak dari arah balapan,” kata Stoner.

“Saya pikir perlu ada sedikit lebih banyak kejelasan atau keputusan pasti tentang berkendara dan hal-hal seperti itu, karena tidak ada masalah selama bertahun-tahun.

“Dan sekarang ada semua kelonggaran ini, tidak ada tepi trek lagi. Itu terus berjalan dan dibatasi oleh beberapa cat hijau.

“Saya pikir itu tidak membantu situasi, orang tidak takut lagi karena tidak ada tepi trek padahal sebelumnya ketika rumput hijau semua orang harus memeriksa diri sendiri.

“Sekarang seperti ‘hei, saya akan menghajarnya dan tidak masalah jika saya lari dari trek karena ada banyak trek di sana’.

“Jadi, saya pikir semua orang perlu belajar untuk sedikit lebih menghormati satu sama lain.

Baca juga: Petrucci “Dicintai, Tetapi Tidak Dihormati” dalam Karir MotoGP-nya

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.