Home » Cruiser Baru Royal Enfield Tantang Honda Rebel dan Kawasaki Vulcan

Cruiser Baru Royal Enfield Tantang Honda Rebel dan Kawasaki Vulcan

by Bara
Motor Baru Royal Enfield

OTOBIKES – Saat ini, Honda Rebel dan Kawasaki Vulcan sepertinya menjadi opsi terbaik bagi penggemar cruiser di Eropa bahkan Indonesia. Bukan semata postur bersahabat. Harga dari keduanya pun terbilang ramah untuk dompet. Namun, keberadaan Rebel dan Vulcan bisa saja terganggu dengan hadirnya produk dari Royal Enfield berikut.

Cruiser baru Royal Enfield jelas menjadi penantang baru kedua motor berbendera Jepang. Penyuguhan posisi berkendara rileks dengan setang tinggi, jok rendah serta nyaris selonjoran, sudah pasti dimiliki sebagai modal awal.

Menilik penampakan foto yang disebar Rushlane ini, referensi desainnya tampak merujuk kepada Royal Enfield Meteor 350. Tuh, intip saja model pelek yang dipakainya, sama-sama model palang. Begitu juga dengan knalpot bergaya klasik itu.

Lalu perihal mesin. Motor baru Royal Enfield yang tertangkap sedang uji jalan ini diyakini menggendong mesin 650 cc dua silinder. Dapur pacu ini serupa dengan kepunyaan Royal Enfield Interceptor 650 dan Royal Enfield Continental GT lho!

Itu artinya, bakal sama pula performa yang dihasilkan oleh cruiser terbaru Royal Enfield ini nantinya. Kalaupun menilik kepada catatan Interceptor 650 maupun Continental GT, motor baru Royal Enfield bakal punya tenaga sebesar 47 HP di putaran 7.250 rpm. Sementara torsi puncak yang dapat dijangkau ialah 52 Nm di 5.250 rpm.

Kalaupun diadu dengan kompetitor, cruiser Royal Enfield masih kompetitif. Tengok saja perbandingannya dengan Honda Rebel. Dengan mesin sejenis (dua silinder), kapasitas motor Honda itu hanyalah 471 cc. Tenaga maupun torsi yang dicapainya adalah 44,2 HP di 8.500 rpm dan 43,6 Nm pada 5.500 rpm.

Memang, output motor baru Royal Enfield ini masih kalah dibanding Kawasaki Vulcan. Dengan basis mesin serupa dan kubikasi selevel, cruiser Kawasaki sanggup menyemburkan daya 60,3 HP di 7.500 rpm dan torsi maksimal 63 Nm di 6.600 rpm.

Akan tetapi, ada hal yang tak dapat diungguli oleh kedua pesaingnya ini. Cruiser pabrikan India dikatakan mendapatkan perbekalan berupa sistem navigasi. Kalaupun ditilik, penyajian ini sama dengan Royal Enfield Meteor 350. Dengan ketersediaan fitur ini, pengendara bisa memanfaatkan penunjuk arah dengan panduan turn by turn navigation.

Menarik ditunggu bukan? Meskipun, pembelinya nanti harus memaklumi jika sistem penerangan motor tersebut masih konvensional lantaran belum LED.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.