Home » Ducati Munculkan Motor Listrik untuk MotoE 2023

Ducati Munculkan Motor Listrik untuk MotoE 2023

by zizi
Motor Listrik Ducati 'V21L' in Borgo Panigale.* (FOTO: Laman Resmi ducati.com)

OTOBIKES,- Pabrikan motor asal Italia sudah scara resmi meluncurkan motor listrik pertamanya untuk ajang balapan MotoE 2023, Kamis (30/06/2022).  Motor ini memiliki nama Ducati V21L in Borgo Panigale.  Secara tampilan, motor ini berwarna hitam dengan livery garis berwarna abu-abu dan merah yang membuatnya tampil berkelas.  Desain itu merupakan rancangan dari Centro Stile Ducati.  Sementara DUcati R&D menangani semua kegiatan project management bersama dengan desain dan simulasi pada powertrain listriknya.

Penggerak listriknya memiliki tenaga 110kW/150cv atau setara dengan 150 horse power dengan torsi puncaknya di angka 140Nm. Spesifikasi seperti itu membuat motor ini dapat melaju hingga kecepatan 275 km/jam.

Lalu untuk baterainya, motor dari Negeri Spaghetti ini memiliki kapasitas 18 kWh dengan soket pengisi daya 20kW yang terhubung ke bagian belakang motor.  Didalamnya ada 1.152 sel silinder dan bobot dari baterai ini sendiri cukup berat yaitu 110 kg.  Yang membuat Ducati V21L ini memiliki berat total 225 kilogram.

Untuk pengisian baterainya sendiri bisa hingga 80 persen hanya dalam waktu 45 menit.  Tenaga dan baterai seperti itu bisa membuatnya bertahan tujuh putaran dari trek GP untuk MotoE.  Pada kaki-kakinya dibekali suspensi depan Ohlins NPX 25/30 dengan tabung terbalik 43mm yang sama dengan Ducati Superleggera V4.  Di belakang menggunakan suspensi dari pabrikan yang sama yaitu Ohlins TTX35.

Tetapi teknologi canggih yang paling menarik adalah penerapan sistem pendinginnya, yang sebernarnya didinginkan oleh sistem cairan.  Sehingga memungkinkan motor tidak perlu didinginkan sebelum diisi.  Bisa langsung recharging baterai dan ini merupakan langkah yang efisien.

Motor ini juga sudah pernah diujicoba oleh Rider Superbike Championship Italia bernama, Michele Pio Pirro. Ia mengatakan motornya ringan dan sudah memiliki keseimbangan yang baik.  Ducati dikabarkan akan menggunakan motor ini di kejuaraan MotoE mulai tahun 2023 hingga 2026.* (RENALDI)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.