Home » Fungsi Lengkap Kampas Kopling Ganda Motor Matik

Fungsi Lengkap Kampas Kopling Ganda Motor Matik

by Tommy JP
Kampas Kopling Ganda

OTOBIKES – Motor matik dilengkapi dengan komponen kopling ganda sebagai sebagai salah satu penghantar daya. Namun sayangnya komponen ini jarang diketahui orang banyak.

Pada dasarnya, kampas kopling memiliki fungsi sebagai penghubung mesin dengan sistem transmisi. Komponen satu ini bertugas untuk menggerakkan roda sehingga motor bisa melaju.

Bentuk kopling pada motor matik berbeda dengan umumnya (bebek dan sport). Kopling yang digunakan pada motor matik merupakan kampas ganda.

Bentuk kampas ganda jelas berbeda meskipun tugasnya sama-sama menyalurkan saya kendaraan. Terdapat dua komponen pada kampas ganda yang akrab disebut primer dan sekunder.

Dikutip dari laman Suzuki Indonesia, berikut ini fungsi lengkap dari kampas ganda pada motor jenis matik.

Fungsi kopling primer adalah memutuskan putaran mesin saat rpm (run per minute) berada di posisi rendah. Lalu kampas ganda primer lainnya yakni menghubungkan rpm mesin pada angka tertinggi.

Baca juga : Tips Berkendara dengan Motor untuk para Wanita

Efek dari kopling ganda primer adalah membuat motor tetap diam pada saat posisi masuk dan mesin tetap menyala.

Lalu fungsi bagian sekunder adalah memutuskan putaran mesin saat terjadinya perpindahan gigi (ratio). Tanpa kedua komponen tersebut, dipastikan roda tidak berputar dan tentunya motor tidak bergerak.

Cara Kerja Kampas Kopling Ganda

Berkaca dari fungsinya di atas, maka kopling ganda berpengaruh besar saat motor bergerak. Gaya sentrifungal pada kopling primer akan bekerja dan meregang dan menciptakan hubungan dengan clutch housing.

Kopling primer akan menyalurkan putaran mesin pada kopling sekunder, kemudian disalurkan pada mesin.

Saat motor hidup, kopling tidak akan langsung terhubung dan transmisi seperti netral pada motor manual. Bentuknya yang bulat seperti teromol rem akan bergerak menjauhi poros putaran.

Berbeda saat mesin mati, kampas kopling primer akan menempel di clutch housing.

Gejala Kerusakan pada Kampas Ganda

Kampas ganda pada motor matik juga perlu mendapat perawatan rutin. Hal ini guna membuat performa motor tetap optimal seperti saat baru dibeli.

Kerusakan yang umum terjadi pada komponen ini adalah aus. Akibatnya tenaga akan terasa lebih lambat dari biasanya.

Masalah lain yang biasanya hadir pada kampas ganda adalah panas berlebih atau overheat. Kejadian ini akan membuat bagian lain dari motor akan mengalami kerusakan seperti pada bagian pembakaran dan pembuangan.

Adapun gejala adanya kelainan pada kampas ganda motor matik antara lain adalah munculnya getaran berlebih ketika akselerasi. Lalu suara mesin khususnya di bagian CVT menjadi berbeda dari biasanya.

Seperti disebutkan di atas, kampas kopling yang sudah aus akan membuat tarikan motor terasa berat. Mesin motor akan terasa lebih teriak dari biasanya meskipun menempuh kecepatan yang sama.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.