Home » Honda PCX Electric Sudah Diproduksi, Kapan Dijual Secara Umum?

Honda PCX Electric Sudah Diproduksi, Kapan Dijual Secara Umum?

by AdminOto
OTOMOTIF - Honda PCX Electric Sudah Diproduksi Kapan Dijual Secara Umum

AHM Buat Skuter Honda PCX Electric

OTOBIKES Honda PCX Electric sudah mulai masuk tahap produksi. Versi terbaru dari skuter besar milik Honda tersebut rencananya menjadi produk andalan Astra Honda Motor (AHM) di kelas motor listrik.

Motor ini memiliki desain bodi yang sama dengan Honda PCX160 yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Tapi, kemampuan akselerasi, serta fitur yang ada di dalamnya berbeda karena menggunakan mesin yang berbeda pula.

Meskipun begitu, kenyamanan saat berkendara menggunakan skuter listrik ini tetap menjadi keunggulan motor tersebut. Pasalnya, tampilan bodi yang tidak jauh berbeda memberikan fasilitas berkendara yang kurang lebih sama.

Versi elektrik tetap menyediakan tempat air mineral. Hanya saja, pada bagian bagasi sedikit lebih kecil karena sebagian besar untuk menempatkan baterai, sebagai tenaga penunjang utama.

Selain itu, layaknya kendaraan listrik yang ada saat ini Honda PCX yang menggunakan tenaga terbarukan tersebut memiliki kecepatan maksimal yang lebih rendah dari versi BBM.

Meskipun begitu, bicara fungsi dan kenyamanan motor listrik ini tidak jauh berbeda. Pasalnya, beragam fitur dan teknologi termutakhir juga terpasang dalam kendaraan ini.

Karenanya, motor ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas yang lebih santai. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai motor listrik Honda PCX yang sudah mulai beredar di jalanan Indonesia.

Sudah Tersedia di Kawasan Deltamas Cikarang

Untuk saat ini versi elektrik dari motor Honda PCX160 ini belum tersedia di pasaran untuk masyarakat umum. Namun, untuk beberapa perusahaan sudah memesan produk tersebut untuk kebutuhan operasional.

Di antaranya Deltamas Cikarang dan Greenland International Industrial Centre (GIIC) yang sudah memesan produk skuter listrik tersebut untuk kebutuhan operasional perusahaan mereka.

Akan tetapi, 2 kawasan tersebut tidak melakukan pembelian langsung kepada Honda, melainkan menyewa kepada konsorium pihak ke-3.

Hal itu bertujuan menciptakan kawasan Deltamas dan GIIC yang lebih ramah lingkungan. Pasalnya, kawasan industri di Bekasi tersebut menjadi salah satu wilayah dengan emisi gas paling tinggi di Indonesia.

Saat ini di wilayah tersebut akan menggunakan 10 unit kendaraan listrik untuk operasional karyawan. Jumlah tersebut dapat bertambah apabila penggunaannya tidak mengurangi mobilitas karena kecepatannya di bawah skuter biasa.

Selain itu, faktor lain yang membuat perusahaan di kawasan tersebut menggunakan motor listrik karena dapat menekan pengeluaran dari bahan bakar. Pasalnya, motor listrik tidak membutuhkan pembelian bahan bakar secara terus menerus.

Untuk mengisi bahan bakar, tiap kendaraan hanya perlu melakukan pengisian ulang daya listrik. Hal ini lebih irit untuk penggunaan jangka panjang.

Hal itu pun dapat menekan pengeluaran, terutama di tengah naiknya harga BBM di berbagai negara. Selain itu, penggunaannya juga dapat mengurangi dampak lingkungan.

Kapan Motor Honda PCX Electric Rilis Secara Umum

Meskipun sudah menjadi salah satu fasilitas kendaraan di kawasan industri Cikarang, tetapi motor listrik produk Honda ini belum rilis secara umum.

Motor yang sudah rilis sejak tahun 2019 belum beredar di pasaran. Pasalnya, Astra Honda Motor selaku distributor utama motor Honda, lebih memilih sistem sewa kepada orang yang ingin mencobanya alih-alih jual beli.

Namun, seiring mulai banyaknya motor listrik di Indonesia yang sudah rilis ke pasaran secara umum, AHM kemungkinan juga turut menjual produk kendaraan listrik mereka, salah satunya adalah Honda PCX Electric.

Motor ini menggunakan baterai lithium-ion 50,4V. Kerangka motor menggunakan interior permanent magnet (IPM) untuk mendapatkan efisiensi energi, layaknya kendaraan listrik secara umum.

Versi listrik dari Honda PCX160 ini mampu melakukan akselerasi maksimal hingga 60 km per jam. Apabila dipacu dalam kecepatan kontan 40 km per jam, baterainya dapat bertahan dalam jarak tempuh 69 km.

Selain itu, pengguna dapat melepas baterai utama dan menggantinya dengan baterai cadangan. Karenanya, pengguna dapat membawa baterai cadangan untuk berjaga-jaga bila baterai habis. Proses pengisian baterai membutuhkan waktu 4 jam sampai terisi penuh.

Itu tadi ulasan mengenai motor listrik Honda PCX Electric yang mulai beredar di Indonesia. Meskipun produk tersebut saat ini belum beredar secara umum, tetapi dalam waktu dekat AHM kemungkinan besar bakal merilisnya.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.