Home » Honda Vario 160: Desain Gagah, Performa Menjanjikan, Irit BBM!

Honda Vario 160: Desain Gagah, Performa Menjanjikan, Irit BBM!

by AdminOto
Vario 160

Generasi terbaru dari Honda Vario 150 secara resmi sudah mengaspal di Tanah Air dengan mengusung nama All New Honda Vario 160. Ya, PT AHM alias Astra Honda Motor membekali skuter matik bertampang sporty ini dengan beberapa ubahan yang signifikan.

Mulai dari desain, fitur, bahkan mesinnya. Motor ini hadir di dalam 2 pilihan tipe. yaitu CBS juga ABS. Honda Vario sendiri begitu penting untuk PT Astra Honda Motor. Pasalnya, motor ini merupakan skutik pertama yang dipasarkan di Tanah Air. Kelahiran skuter matik Vario tersebut dimulai pada September 2006 silam.

Semenjak saat itu, penjualannya mengalami lonjakan dan menjadi salah satu skuter matik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sampai sekarang ini, AHM terus melakukan inovasi untuk Vario. Sosoknya kian modern serta menjadi salah salah satu alternatif penunjang kegiatan keseharian. Ia terus berevolusi serta telah melahirkan 7 generasi.

Baca Juga : Kelebihan Vario 160 Terbaru 2022, Lebih Irit Bahan Bakar!

Review Vario 160 

Diperkenalkan pada tanggal 2 Februari 2022 lalu, Honda Vario 160 terbaru 2022 hadir guna menggantikan Vario 150 dengan mengusung berbagai macam hal anyar. Sebagaimana dijelaskan ketika peluncuran, Honda Vario 160 2022 ini membesar dari sisi ukuran ketimbang Vario 150 yang menjadi pendahulunya.

Ya, sosoknya tampil lebih berisi, tebal, dan tampak membengkak. Tetapi, rupanya dimensi motor ini tidak berubah banyak. Panjangnya naik dari yang mulanya 1.919 mm menjadi 1.929 mm, lebar tetap 679 mm, sedangkan untuk tingginya dari 1.062 mm ke 1.088 mm.

Besar kemungkinan, naiknya tinggi total motor berasal dari pemakaian ukuran ban yang lebih besar. Dengan begitu mampu mendongkrak tinggi motor.

Sehingga, ketika Anda pergunakan untuk keseharian, motor ini tetaplah terasa lincah digunakan selap-selip di antara kemacetan kota. Sumbu rodanya yang 1.277 mm menjadikan tugas pengendara untuk membelokkan motor terasa lebih gampang.

Terlebih berat Vario 160 CBS hanya 115 kilogram dan untuk Vario 160 ABS. Bobot tersebut tergolong paling ringan di kelasnya saat ini. Sehingga, memang motor ini sangat pas Anda jadikan sebagai andalan di perkotaan yang lalu lintasnya cukup padat.

Baca Juga : Vario 160 cc, Sukses Merajai Industri Otomotif Dalam Negeri!

Honda Vario 160 Bawa Mesin Generasi Terbaru

Motor ini mempunyai kapasitas mesin sebesar 156,99 cc dengan katup berpendingin cairan. Torsi maupun tenaga cukup besar, yakni mencapai 13.8 Nm di 7.000 rpm. Walaupun tenaga dan torsinya berada sedikit berada di bawah motor sekelas, misalnya PCX 160, namun performa Vario 160 tetap optimal pada saat Anda gunakan berakselerasi melalui jalanan yang padat.

Selain itu, motor ini juga sudah lengkap dengan teknologi eSP+ serta PGM-FI dari Vario 160 yang menjadikan konsumsi BBM 46.9 kilometer/Liter saat mode Idling Stop System (ISS) aktif. Hal itu tentu saja menjadikan perjalanan lebih nyaman lantaran irit bensin.

Efisiensi bahan bakar menjadi salah satu pertimgangan bagi Anda untuk membeli motor ini. Pasalnya konsumsi BBM pada motor ini terhitung irit, lho. Ya, pabrikan mengklaim untuk urusan minum Honda Vario 160 2022 ini tembus 46,9 kilometer per liternya dengan metode WMTC Euro 3 dan ISS On.

Akselerasi Menyenangkan

Guna mengejar waktu jam masuk kantor atau sekolah, Honda Vario 160 2022 ini juga dapat Anda andalkan. Sebab, respon mesin motor ini cukup sigap serta karakternya kuat dari putaran bawah, tengah, hingga atas. Mesin eSP+ pada motor ini memang memiliki karakter responsif.

Berdasarkan data dari Racebox, untuk melesat 0 hingga 60 kilometer per jam hanya membutuhkan waktu 5,07 detik saja. Sementara itu, dari 0 sampai 80 kilometer per jam memerlukan waktu 9,05 detik. Untuk 0 hingga 100 kilometer per jam membutuhkan waktu 16,16 detik. Sedangkan untuk menempuh jarak 0-100 meter juga hanya memerlukan 7,69 detik, serta jarak 0-402 meter hanya butuh 19,46  detik saja.

Baca Juga: Melihat Berbagai Keunggulan dari Motor Vario 160, Awas Tambah Naksir!

Akomodasi Lega

Dek rata masih dipertahankan guna menjaga fleksibilitas dalam membawa barang. Tersedia juga sebuah gantungan barang yang terletak di depan dan konsol tertutup dengan power outlet di dalamnya. Selain itu tersedia pula konsol terbuka yang dapat menyimpan botol air mineral.

Bagasinya pun lega dengan kapasitas sebanyak 18 liter. Bagasi tersebut dapat menampung sebuah helm full face maupun open face. Walaupun ruang penyimpanan untuk barang-barang yang lain, seperti jas hujan dan sarung tangan sudah tidak tersedia lagi.

Kaki-kaki Padat

Profil ban yang dipakai di Honda Vario 160 2022 lebih lebar dan besar. Hal ini bertujuan selain menyesuaikan penampilan juga untuk mengejar kestabilan motor. Selain itu juga supaya pendistribusian tenaga dari mesin ke roda menjadi lebih baik.

Ukuran ban motor ini pun naik secara signifikan, dari yang mulanya untuk ban depan 90/80 jadi 100/80. Sedangkan, ban belakang 100/80 jadi 120/70. Ban baru tersebut menyelimuti pelek palang Y yang dilabur warna coklat kehitaman serta hitam tergantung pada tipenya.

Rangka Sudah eSAF

Teknologi rangka eSAF yang ringan saat ini dapat Anda temukan di motor Honda Vario 160. Rangkanya yang terbuat dari lembar baja menjamin durabilitas armada yang tinggi dan meminimalisir pembengkokan dari pemakaian yang berlebihan. Pastinya, rangka tersebut mampu meningkatkan stabilitas maupun kelincahan motor ketika dikendarai.

Selain mesin dan rangka, Vario 160 terbaru 2022 juga memiliki tampilan sportif nan menawan. Dapat dilihat dari lampu LED kembar, speedometer yang fulll digital, serta desain maupun spakbor seperti motor sport yang member kesan modern dan mewah. Makin sedap dilihat depan-belakang!

Lengkap dengan Smart Key System dan USB Charger Console Box

Pada Vario 160 juga tersemat fitur Smart Key System. Sehingga, pengendara motor tidak lagi memerlukan kunci kontak untuk menghidupkan mesin maupun mengunci stang. Menariknya, sistem tersebut sudah terintegrasi dengan answer back system serta alarm.

Fitur menarik yang lain yaitu console box untuk charger USB yang terdapat di deck depan motor. Charger tersebut bentuknya port USB tipe A. Sehingga, tidak perlu menggunakan adaptor tambahan.

Bingung Pilih Vario 160 CBS atau ABS? Ini Perbedaannya!

Setidaknya, ada 3 perbedaan antara Honda Vario 160 CBS dengan Honda Vario 160 ABS. Di tipe CBS, motor tersebut sudah lengkap dengan sistem pengereman berupa CBS alias Combi Brake System, rem belakang tipe tromol, beserta pelek yang berkelir hitam.

Sedangkan, pada motor ini, sudah didukung dengan sistem pengereman ABS alias Anti-Lock Braking Sistem, rem belakang cakram hidrolik, serta pelek berwarna bronze. Lantas, bagaimana urusan dapur pacunya?

All New Honda Vario 160 CBS maupun ABS sama-sama berbekal dengan mesin 156,9 cc, 4-Tak, 4-katup, eSP+, PGM-FI, serta pendingin cairan. Mesin yang berukuran bore x stroke 60 x 55,5 mm tersebut menghasilkan tenaga sebesar 15,4 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Skuter matik ini punya bobot seberat 115 kilogram untuk tipe CBS, sedangkan tipe ABS bobotnya 117 kilogramm dan kapasitas tangki bensin 5,5 L.

Dari segi pilihan warnanya, All New Honda Vario 160 2022, untuk tipe CBS ada kelir Grande Matte Black, Active Black, serta Grande Matte Red. Sementara itu untuk tipe ABS tersedia pilihan warna Grande Matte Black, Active Black, serta Grande White.

Harga Vario 160

Untuk motor dengan kapasitas mesin yang tergolong serta lengkap dengan berbagai fitur canggih dan tampilan sporty, harga Vario 160 terbaru 2022 dibanderol mulai dari Rp 26,8 juta untuk tipe CBS. Sementara itu untuk harga Vario terbaru 2022 tipe ABS yaitu Rp 29,8 juta (On The Road Bandung).

Harga Vario 160 yang steal deal serta sebanding dengan performa, tampilan, maupun berbagai fitur yang tersedia. Motor ini dapat menjadi pilihan ideal bagi Anda yang tengah mencari motor matic dengan gaya sporty yang memiliki banyak fitur canggih serta irit bensin.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.