Home » Ini Dia Rookie Penakluk Marquez di MotoGP Misano

Ini Dia Rookie Penakluk Marquez di MotoGP Misano

by Bara
Enea Bastianini Podium Ketiga MotoGP Misano

OTOBIKES – Penampilan gemilang tak hanya datang dari Francesco Bagnaia. Pembalap Ducati Desmosedici lain yaitu Enea Bastianini nyatanya tampil lebih mengejutkan di MotoGP Misano, akhir pekan lalu (19/9).

Ya, tak ada yang menyangka jika rookie itu mampu meraih podium ketiga di putaran ke-14 kemarin. Selain hanya start dari grid ke-12, joki Avintia Esponsorama juga cuma menunggangi Ducati Desmosedici GP-19.

Tapi, ada satu hal yang tidak diprediksi oleh penonton maupun para pembalap lain. Walau berstatus anak baru di kejuaraan MotoGP, Sirkuit Misano bukanlah lintasan asing untuknya. Selayaknya pembalap tuan rumah, trek tersebut jelas begitu akrab bagi Bastianini.

Meski start dari posisi yang kurang ideal, Bastianini mampu merangsek ke barisan depan. Dengan motor Ducati versi lawas tersebut, Bastianini bahkan sempat satu kali mencetak lap time tercepat di balapan.

Baca juga: Bagnaia Menang Tanpa Tekanan di MotoGP Misano

Sebelum akhirnya menempati urutan ketiga pada lap 9, Bastianini tercatat melewati beberapa pembalap. Dua diantaranya adalah Jack Miller dan Marc Marquez (Repsol Honda), yang notabene pemegang tiga kemenangan di MotoGP Misano. Bastianini bahkan tidak butuh waktu lama menaklukkan Marquez dan menggesernya ke urutan 4.

Usai balapan, penampilan impresif Bastianini bahkan dikomentari secara langsung oleh Marquez. “Dia melakukan pengereman sangat dekat dan keluar tikungan dengan torsi dan grip ban yang kuat. Saat dia melewati saya, saya tahu bahwa ini adalah harinya. Dia sangat memahami cara mengendarai Ducati,” ujar Marquez mengutip dari Cycle News.

Berkat podium ketiga sekaligus trofi pertama di MotoGP Misano, Bastianini mendapatkan 16 poin. Sementara di klasemen MotoGP 2021 saat ini, dirinya menghuni posisi ke-15 dengan perolehan 61 poin. Memang terpaut cukup jauh dengan jajaran pembalap di papan atas.

Akan tetapi, Bastianini berada di tempat lebih baik ketimbang Valentino Rossi. Pada balapan kemarin, Ther Doctor tidak meraih poin sama sekali. Alhasil saat ini, Rossi masih tertahan di urutan ke-21 klasemen sementara dengan 28 poin.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.