Home » Ini Perbedaan Honda ADV 160 dan ADV 150, Pilih yang Mana ?

Ini Perbedaan Honda ADV 160 dan ADV 150, Pilih yang Mana ?

by zizi
Honda ADV 150.* (FOTO: Dok AHM)

OTOBIKES,- Honda ADV 160 sudah resmi hadir di Indonesia.  Banyak perubahannya yang berbeda dari ADV 150 dan lebih bagus tentunya dari segi fitur-fiturnya. Bagian yang paling jelas adalah bagian mesinnya yang menjadi pembeda utama.

Pada versi terbarunya ini sudah menggunakan mesin 160cc sesuai dengan namanya dengan 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem ijeksi PGM-FI, Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga mencapai 11,8 kW (16 PS) pada 8.500 rpm dan torsi hingga 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Sementara, ADV 150 menggendong mesin 150 cc, 2-katup, berpendingin cairan, eSP, masih dibekali  sistem injeksi PGM-FI. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 10,7 kW (14,5 PS ) pada 8.500 rpm dan torsi hingga 13,8 Nm pada 6.500 rpm.

Tetapi bukan hanya itu perbedaanya, pada bagian fiturnya pun berubah.  Seperti tombol navigasi untuk pengaturan panel instrumen yang letaknya dipisah yang berada di handle bar.  Kemudian USB Charger berubah posisinya dengan daya maksimal 5V2,1A. Pada versi paling anyar ini sudah memiliki fitur yang hanya ada di motor premium Honda yaitu (HSTC) Honda Selectable Torque Control.

Fitur itu memiliki fungsi untuk membatasi torsi mesin, jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan-belakang.  Sehingga tidak akan terjadi slip yang bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Kemudian pada bagian-bagian bodi luar juga nampak perbedaannya.  Seperti pada windshield yang lebih tinggi dengan lubang airflow ke pengendara.  Lalu Instrumen layar LCD yang sudah canggih dengan desain terbaru.  Pada bagian bodi belakang samping juga mengalami perubahan.  Memilki penampang lebih lebar dan semakin tajam.  Yang membuat ruang pijakan kaki lebih luas dan berpengaruh juga kepada bagasinya yang lebih luas dibanding versi ADV 150.

Selanjutnya posisi berkendara juga direvisi.  ADV 160 memilik jok yang lebih rendah yaitu 780mm sementara ADV 150 memiliki ukuran 15mm lebih tinggi.  Itu membuat pengendara motor ini bisa lebih nyaman ketika berpijak kala postur tubuhnya kecil.

Yang terakhir soal harga jual, ADV ini memiliki dua tipe yaitu, ABS dan CBS dengan total 6 pilihan warna.  ABS memiliki harga Rp 39 jutaan dengan varian warna matte, serta warna spesial Burn Titanium pada bagian emblem samping logo, velg dan handle bar.  Untuk versi CBS memiliki harga Rp 36 jutaan saja dengan warna-warna dynamic.

Jika dibandingkan dengan Honda ADV 150, CBS memiliki harga kisaran Rp 35,6 jutaan dan yang versi ABS Rp 38,8 Jutaan.  Pilih yang mana? Versi terbaru atau yang lama?* (RENALDI)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.