Home » Ini Perbedaan Radiator dengan Oil Cooler

Ini Perbedaan Radiator dengan Oil Cooler

by Anjar

OTOBIKES – Pendingin mesin merupakan komponen yang penting agar tetap menjaga suhu mesin tetap terjaga.  Mesin akan berjalan dengan baik apabila sistem pendinginnya bekerja dengan baik.

Baca Juga: Harley-Davidson Street Glide Kustom Diproduksi hanya 500 Unit

Pendingin mesin sepeda motor punya beberapa sistem. Pabrikan sendiri akrab menggunakan pendinginan mesin dengan udara dan radiator serta ada juga yang memilih oil cooler.

Yang menarik untuk disimak adalah perbedaan sistem pendinginan menggunakan sistem radiator dengan oil cooler. Secara fungsi dan fisik, kedua sistem pendinginan melalui cairan ini hampir tidak ada perbedaan.

Baca Juga: Cek Disini, Daftar Lokasi Pemutihan Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2021

Baik radiator maupun oil cooler memiliki perangkat yang biasanya diinstal di antara roda depan dan mesin. Anda baru akan menemukan perbedaan perangkat saat melihatnya lebih seksama berikut dengan aplikasi selang yang terpasang pada bagian mesin.

Perbedaan lainnya terdapat pada cairan yang digunakan dan sistem kerjanya. Jika radiator menggunakan air atau water coolant, sementara seusai namanya oil cooler tak lain melakukan pendinginan oli mesin.

Baca Juga: Smoot Motor Listrik Murah Buatan Indonesia, Fitur Lengkap Harga Cuma 14 Jutaan

Radiator sendiri bekerja atau memiliki tugas mendinginkan blok mesin yang memanas saat proses pembakaran berlangsung. Air radiator dipompa ke blok motor dan kemudian tersirkulasi kembali ke radiator. Proses pendinginan mesin berlangsung secara terus menerus.

Sementara pada oil cooler, cairan pelumas didinginkan dengan cara membuat jalur agar oli terpompa ke oil cooler. Saat melewati oil cooler, oli mesin mengalami pendinginan dan kemudian dipompa masuk kembali ke dalam mesin.

Baca Juga: Hasil MotoGP Austria Malam Ini: Marc Marquez terjatuh,Brad Binder Juara, Rossi Kedelapan

Berbicara keunggulan, sepertinya masing-masing memiliki kelebihan juga kelemahan. Pabrikan sepeda motor tentu telah melakukan riset dalam memilih mana yang terbaik antara radiator atau oil cooler untuk produk ciptaan mereka.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.