Home » Ini Risiko Malas Cuci Motor di Musim Hujan

Ini Risiko Malas Cuci Motor di Musim Hujan

by Tommy JP
Risiko Malas Cuci Motor

OTOBIKES – ­Rutinitas cuci motor sebaiknya semakin sering intensitasnya di musim hujan. Hal ini guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan oleh pemilik kendaraan.

Musim hujan telah tiba dan Sobat Otobikes yang kerap bepergian dengan sepeda motor harus berhati-hati di perjalanan. Selain selalu waspada di jalan, motor juga harus mendapat perhatian lebih khususnya ketika habis terkena hujan.

Ketika memasuki musim penghujan, pada umumnya intensitasnya sering tidak terduga. Bukan tidak mungkin, perjalanan sehari-hari akan ditemani dengan hujan.

Hal ini membuat sebagian orang menjadi malas mencuci motor. Alasannya nanti juga kotor lagi sehingga mencuci motor akan menjadi sia-sia.

Namun pemikiran tersebut di atas tidak sepenuhnya benar. Karena dengan malas mencuci motor, kendaraan bisa mengalami berbagai masalah.

Baca juga : Ducati Multistrada V4 Pikes Peak 2022 Tampangnya Bengis

Air hujan khususnya bisa merusak berbagai komponen motor satu persatu. Kejadian ini tentunya tidak diinginkan oleh Sobat Otobikes, berikut ini potensi kerusakan motor akibat malas mencuci motor dikutip dari laman Suzuki Indonesia.

Mesin bisa menjadi Overheat

Hal yang pertama yang akan dirasakan karena tidak mencuci motor dikala musim hujan, adalah mesin bisa menjadi overheat. Dikarenakan bekas air hujan yang mengendap, telah menjadi kotoran setelah cukup lama dan bersarang di radiator.

Kalau sudah seperti itu hampir pasti mesin akan mengalami panas berlebihan atau biasa di sebut overheat.

Rusaknya Suspensi

Selain mesin, suspensi juga menjadi part yang dapat rusak setelah kotoran dari air hujan dibiarkan saja. Kotoran itulah yang dapat menyebabkan suspensi menjadi mengeluarkan suara decit yang cuckup mengganggu dan juga fungsinya jadi berkurang dan tidak empuk.

Rantai akan berkarat

Tidak menutup kemungkinan rantai akan kena imbasnya, karena terkena langsung dengan air serta kotoran dari jalan yang tergenang air. Jika dibiarkan rantai akan mengalami karat dan mengeluarkan bunyi yang membuat tidak nyaman, setelah itu mungkin juga rantai bisa patah atau putus karena tidak cukup pelumas serta kering berkarat.

Part berbahan logam

Selain rantai ada juga yang akan berkarat yaitu part-part yang berbahan logam dimotor, seperti halnya velg, kick starter, standar dan lain-lain. Air hujan yang tidak segera di bersihkan akan  membuat part yang terbuat dari logam ini cepat karatan.

Body menjadi kusam

Kotoran yang menempel di body dan dibiarkan akan menyebabkan kusam dan juga dibagian kaki-kaki motor, juga dapat menimbulkan kerak kotoran yang sulit untuk dibersihkan nantinya. Terlebih lagi akan menimbulkan water spot atau bercak  di motor yang membuat motor terlihat tidak terawat.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.