Home » Intip Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia, Tren Baru Sekaligus Masa Depan Industri Otomotif

Intip Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia, Tren Baru Sekaligus Masa Depan Industri Otomotif

by Anjar

OTOBIKES

Kini perkembangan mobil listrik menjadi semakin pesat. Berbagai perusahan otomotif dunia berlomba lomba untuk menciptakan kendaraan berbahan bakar ramah lingkungan tersebut. Saat ini memang penggunaan mobil listrik telah digandrungi di berbagai negara di dunia. Bahkan kini di negara tercinta kita Indonesia tengah heboh mempromosikan penggunaan kendaraan listrik untuk kegiatan sehari-hari.

Perkembangan mobil listrik di Indonesia dianggap akan menjadi masa depan baru di dunia industri otomotif. Selain dinilai lebih ramah lingkungan keberadaan kendaraan listrik di Indonesia diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak yang semakin menipis di Indonesia.

Baca Juga: MotoGP Styria: Jorge Martin Berhasil Meraih Kemenangan Perdana

Namun mobil listrik di Indonesia sampai saat ini masih terbilang kecil dibandingkan dengan penggunaan mobil konvensional. Itu dikarenakan di Indonesia sendiri memiliki hambatan hambatan yang membuat lambatnya pertumbuhan kendaraan listrik tersebut.

Baca Juga: Tips Cara Merawat Motor Matic Yamaha Agar Awet

Salah satu hambatan tersebut yaitu terkendala dengan biaya. Pasalnya  mobil listrik itu  menggunakan teknologi baterai infrastruktur pengisian daya dan ketersediaan energy listrik . Baterai kendaraan listrik harganya pun cukup mahal berada di Kisaran 200 US Dollar per KWH Sedangkan untuk satu mobil listrik berukuran sedang rata-rata penggunaan dayanya mencapai kapasitas baterai 60 KWH dengan jarak tempuh 250-300 KM.

Baca Juga: Intip Kelebihan Toyota Coms, Mobil Listrik Mungil Asal Jepang Yang Masuk di indonesia

Apabila harga rata-rata baterai satu mobil mencapai 12.000 Dollar atau sekitar 171.600.000 dalam Cruz 14.300 rupiah, maka harga mobil listrik tanpa subsidi jauh lebih mahal sekitar 30-35 persen dibanding mobil konvensional, itu baru untuk harga baterainya saja.

Namun diprediksi harga baterai di tahun 2027 akan mengalami penurunan mencapai beberapa ribu dollar per KWH.  Pada saat itu harga kendaraan listrik memang sangat kompetitif dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Setelah 2027 diperkirakan pertumbuhan kendaraan listrik akan menjadi semakin lebih cepat.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.