Home » Jangan Salah Beli, Ini 5 Jenis Ban Sepeda Motor

Jangan Salah Beli, Ini 5 Jenis Ban Sepeda Motor

by Dino
ban sepeda motor

OTOBIKES – Ban merupakan salah satu komponen sepeda motor yang sangat penting untuk dijaga kondisinya. Dan memiliki usia pakai yang cenderung cepat aus karena posisinya yang selalu bergesekan langsung dengan jalanan.

Tak makan waktu lama, jika sepeda motor sering digunakan, kembangnya akan cepat menipis dan mempengaruhi perfomanya. Satu-satunya cara untuk mengembalikan daya cengkram ban motor adalah dengan menggantinya.

Yang menarik, belakang ini semakin banyak pilihan ban dan memang dibuat semakin spesifik seusai peruntukannya. Karenaya tak heran bila banyak orang yang kemudian salah membeli atau hanya sekedar mengganti tanpa tahu jenis ban terbaik untuk sepeda motornya.

Mengganti ban yang tidak sesuai dengan peruntukannya tentunya akan merugikan pemilik. Salah satu kerugiannya adalah sepeda motor jadi kurang nyaman untuk digunakan, membuat pengendara jadi agak ragu saat melakukan manufer di jalan.

Baca juga : Cara Membaca Kode Ban Motor

Agar hal tersebut tidak terjadi, pemilik sepeda motor harus mengetahui jenis-jenis ban sebelum melakukan pembelian. Otobikes menghitung setidaknya ada lima jenis ban sepeda motor yang harus diketahui agar tidak salah membeli.

Ban Motor Semi Slick

Ban jenis ini lebih sering digunakan pada sepeda motor sport. Keunggulannya terletak pada daya cengkram yang baik, membuat biker jadi lebih percaya diri saat berkendara.

Ban semi slick diketahui menggunakan karet yang tidak begitu tebal sehingga kembangnya lebih cepat habis dibandingkan ban jenis lain. Biasanya di bawah 2.000 km pemakaian, ban jenis ini sudah harus diganti.

Ban Sport Touring

Buat yang gemar touring menggunakan sepeda motor maka ban sport touring bisa menjadi pilihan bijak. Jenis ban motor jenis ini cocok digunakan berkendara jarak jauh dan melintasi jalanan dalam berbagai medan.  Ban ini juga terbilang stabil, tidak cepat panas dan lebih awet.

Ban Offroad

Ban offroad secara umum memiliki tampilan yang unik dibandingkan jenis ban lainnya. Ban ini berguna untuk menjelajahi medan-medan yang sulit dijangkau motor biasa. Mulai dari jalanan berbatu, berlumpur, sungai, pegunungan, bukit dan lain sebagainya.

Bahan dari ban jenis offroad menggunakan dasar karet yang keras dan ketahanannya sangat baik. Meski sangat tangguh, tapi ban ini kurang cocok untuk digunakan jalan aspal karena daya cengkramnya kurang baik.

Ban tubeless

Ban tubeless merupakan yang paling umum digunakan masyarakat belakangan ini. Jenis ini sudah tidak menggunakan ban dalam lagi sehingga usia pakai pun lebih baik.

Keunggulan dari ban tubeless adalah dari sisi kegunaan dan durbility. Artinya bisa digunakan dalam beragam kebutuhan juga disebut memiliki daya tahan cukup baik dalam ragam kondisi jalan.

Ban Dry Racing dan Wet Racing

Kedua jenis ban ini biasa digunakan untuk di arena balap motor. Ban racing biasanya dibandrol dengan harga mahal dan memiliki usia pakai sangat singkat. Ban jenis ini tentu tidak cocok untuk digunakan dalam rutinitas harian.

Ban dry racing sendiri cocok digunakan untuk medan jalanan atau yang kering saat cuaca panas. Sedangkan wet racing direkomendasikan untuk digunakan saat hujan atau permukaan basah.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.