Home » Jangan Salah, Ini Arti Huruf E Pada Indikator Bahan Bakar

Jangan Salah, Ini Arti Huruf E Pada Indikator Bahan Bakar

by Anjar

OTOBIKES –  Sepanjang Anda berkendara baik dengan motor maupun mobil, sudah pasti sering melakukan pengisian bensin. Dan akan langsung mengunjungi SPBU jika indikator tangki BBM sudah berada di huruf “E” yang menurut Anda berarti empty atau habis.

Baca Juga: Simak Yuk, Berikut Daftar Lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Indonesia

Sebaliknya, setelah mengisi penuh dan panel indikator baik digital maupun analog berada di huruf “F”, artinya BBM di tangki sudah penuh. “F” diartikan sebagai Full.

Baca Juga: Hadiah Kehamilan 7 Bulan Nagita, Sebuah Motor Seharga 1,35 M

Untuk huruf “F” tidak ada perbedaan arti, benar ini menunjukan tangki BBM full atau penuh. Arti sedikit meleset ternyata ada di huruf “E”.

Huruf “E” ketika BBM hampir habis ternyata punya arti Emergency. Ini adalah langkah untuk memperingatkan pengemudi sedang berada di kondisi darurat karena BBM sudah hampir habis.

Baca Juga: Tips Cara Aman Berkendara di Tengah Hujan

Namun untuk di ketahaui, pada saat panel menunjukkan huruf “E” di dalam tangki masih tersedia 10%- 15% dari kapasitas maksimal.

Misal, Apabila tangki bahan bakar dalam keadaan penuh sebanyak 20 liter, berarti bahan bakar tersisa sekitar 2 liter.

Baca Juga: 5 Wisata Bali yang Cocok di Kunjungi Saat Touring

Tapi setelah mengetahui hal ini, bukan berarti mendorong Anda untuk mengulur lebih lama atau tidak segera isi bensin. Usahakan untuk tidak mengisi bensin di saat-saat “E” Emergency atau darurat.

Agar lebih perhatian, tahukah Anda ada bahaya atau penyakit mengintai kendaraan jika kondisi tangki sering pada posisi “E”. Dampak buruk dalam kondisi ini adalah tangki Anda akan berkarat.

Baca Juga: 5 Makanan yang Cocok untuk Bekal saat Touring

Jika hanya terisi sedikit BBM, akan memiliki ruang kosong yang membuat udara mudah terkondensasi. Dan perlahan tapi pasti akan membuat tangki bagian yang terbuat dari plat besi berkarat.

Celakanya, jika karat pada tangki bensin Anda terhisap oleh pompa bensin dan menyumbatnya, Siap-siap, bisa saja kendaraan Anda tiba-tiba mogok saat sedang berkendara.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.