Home » Kapan Honda CB300F Dijual di Indonesia? Ini Spesifikasi dan Harganya

Kapan Honda CB300F Dijual di Indonesia? Ini Spesifikasi dan Harganya

by AdminOto
otobikes-kapan-honda-cb300f-dijual

Ini Spesifikasi Honda CB300F dan Harganya

OTOBIKES – Honda kembali merilis naked bike terbarunya yakni Honda CB300F di awal Agustus 2022. Motor ini menjadi produk andalan Honda untuk pasar Asia.

Pertama kali rilis di India pada awal Juli 2022, motor ini memiliki mesin berkapasitas 300cc. Selain itu, beragam fitur modern juga melengkapi motor CB300F.

Karenanya, motor yang memiliki gaya retro ini bakal menjadi pesaing kendaraan listrik. Langkah itu pun menjadi terobosan Honda, di tengah upaya produsen lain berlomba-lomba membuat motor listrik.

Di saat produsen motor lain berlomba membuat kendaraan listrik, Honda masih konsisten dengan produk-produk berbahan bakar minyak. Salah satunya adalah motor Honda CB300F.

Meskipun banyak negara sedang berupaya untuk beralih ke tenaga terbarukan. Tapi, kendaraan BBM masih menjadi primadona di pasar Asia.

Saat ini, Honda baru merilis motor tersebut di pasar India. Selanjutnya, negara-negara lain seperti Indonesia juga akan mengikuti perilisan motor ini.

Spesifikasi motor ini cukup bandel tetapi juga elegan. Mulai dari kapasitas mesin hingga desain bodi yang modern. Instrumen penunjang motor disesuaikan dengan teknologi termutakhir. Seperti penggunaan lampu LED, Port USB, serta fitur kontrol suara.

Namun, hanya varian DLX Pro, yang memiliki fitur suara. Karenanya, itu yang menjadi perbedaan DLX Pro, dengan DLX standar.

Spesifikasi Motor Honda CB300F

Motor Honda CB300F menggunakan mesin 300cc. Jenis mesinnya menggunakan 1 silinder 4 tak. Selain itu, motor ini juga memiliki pendingin cairan 293,52cc, serta bore x stroke 77,0 mm x 63,0 mm. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 24 dk pada 7.500 rpm.

Motor Honda CB300F juga memiliki 6 transmisi manual. Karenanya, motor ini memiliki kecepatan hingga 200 km per jam di jalanan lurus.

Dari segi bodi, motor ini cukup elegan. Pada bagian depan, terdapat headlamp yang runcing. Selain itu, juga ada lampu sein pada bagian kanan dan kiri, yang memiliki desain lancip.

Pada area kolong, atau bagian bawah tangki terlihat padat karena menjadi tempat mesin utama. Selain itu, motor ini menggunakan jok split seat, dan behel model tanduk.

Penggunaan model tersebut merupakan cara Honda menyesuaikan produknya dengan pasar India. Sementara desain motor CB300F untuk wilayah Indonesia dan negara lain juga akan menyesuaikan selera pasar.

Meskipun begitu, perubahan yang ada tidak akan terlalu signifikan. Karenanya, tidak akan mengubah tampilan aslinya secara menyeluruh.

Secara bentuk, Motor Honda CB300F memiliki dimensi panjang 2.084 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.075 mm. Untuk jarak sumbu roda adalah 1.390 mm, dan ground clearance 177 mm, dengan tinggi jok 789 mm.

Untuk berat kendaraan ini memiliki bobot 153kg. Hal itu pun normal untuk kendaraan jenis naked bike. Terlebih, untuk motor yang memiliki desain sporty, serta mengincar penggemar motor besar.

Pada bagian bawah, Honda CB300F menggunakan sistem pengereman cakram 276 mm di bagian depan, serta 220 mm untuk bagian belakang.

Teknologi Anti Lock Braking System (ABS) juga ada di motor ini. Karenanya, keamanan berkendara lebih terjaga. Selain itu, suspensi USD (upside down) juga menjadi bagian dari motor CB300F.

Bagaimana Cara Membelinya di Indonesia

Biasanya, perilisan resmi di tanah air tidak berselang jauh dengan India atau negara lain yang menjadi target pertama. Karenanya, motor ini akan segera rilis di Indonesia.

India, dan Indonesia merupakan konsumen terbesar kendaraan roda dua. Karenanya, 2 negara ini menjadi target pasar utama pabrikan otomotif asal Jepang tersebut.

Untuk harga, motor CB300F bisa Anda dapatkan dengan biaya 225 rupe di India. Nilainya setara dengan Rp42 jutaan di Indonesia.

Motor ini memiliki 2 varian yakni DLX, dan DLX Pro. Keduanya memiliki spesifikasi yang mirip, meskipun secara harga 2 varian tersebut tidak jauh berbeda.

Perbedaan utama dari 2 varian tersebut adalah Motor CB300F DLX Pro memiliki fitur HSVCS, yaitu sistem pengontrol suara smartphone. Sementara motor DLX standar tidak memiliki fitur HSVCS.

Sementara itu, untuk fitur keseluruhan, tidak ada perbedaan yang mencolok antara DLX Pro, dengan DLX standar. Motor ini pun akan melanjutkan seri CB300F.

Untuk memilikinya, penggemar otomotif terutama pecinta motor CB300 dapat menunggu informasi resmi dari Astra Honda Motor Indonesia.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.