Home » Kawasaki Ninja 300, Motor Sport yang Pernah Hadir di Indonesia

Kawasaki Ninja 300, Motor Sport yang Pernah Hadir di Indonesia

by AdminOto
Kawasaki Ninja 300 yang dijual dengan edisi terbatas

OtoBikes- Bagi para pecinta Kawasaki mesti tidak asing dengan Kawasaki Ninja 300. Motor sport yang satu ini bisa katakan mempunyai kapasitas CC yang lebih besar dari adiknya yaitu Kawasaki Ninja 250. Sedikit lebih besar badingkan dengan adiknya tentu saja dari segi performa juga lebih baik.

Tapi yang perlu disayangkan adalah motor ini sudah tidak dijual oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Beberapa tahun yang lalu, motor ini sempat dijual oleh Kawasaki Indonesia, namun Kawaski yang satu ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan untuk sebuah Motor Sport. Kawasaki Ninja 300 diluncurkan berbarengan dengan motor gede lainnya yaitu ZX-10R di Jakarta pada 21 Februari tahun 2015. Jika Ninja 250cc memiliki harga 54 jutaan, maka Ninja 300 jauh lebih mahal.

Melansir dari carmudi.co.id harga yang ada pada Kawasaki Ninja 300 adalah 84 jutaan. Harga jual tersebut sama dengan Kawasaki ER-6N yang diproduksi pada tahun 2021. Pada waktu itu KMI memiliki alasan tersendiri untuk membandrol harga motor tersebut pada kisaran 84 jutaan.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan juga yang membuat spesial dari Ninja 300. Kamu wajib tahu dan simak pada artikel ini ya. Simak dibawah untuk mengetahui informasi yang akan diberikan oleh tim OtoBikes.

Dijual dengan edisi terbatas

Pada edisi Kawasaki Ninja 300 ini ada yang membuat spesial pada hari peluncurannya dibandingkan dengan varian 250. Ninja 300 ini hanya memiliki unit yang terbatas karena edisi spesial yang bawakan oleh KMI. Jumlah unit yang ada hanyalah sebanyak 100 unit saja. Hal itu bersamaan dengan dijual nya Kawasaki ZX-10R yang hanya memiliki unit sebanyak 100 unit saja. Maka dari peluncuran dijakarta tersebut Kawasaki yang satu ini hanya memiliki unit 200 saja karena edisi spesial yang persembahkan oleh KMI. Maka dari itu antusias dari masyarakat menjadi tinggi karena edisi yang terbatas ini.

Orang-orang jadi berlomba-lomba untuk mendapatkan Kawasaki yang satu ini karena edisinya yang terbatas. Hal ini bisa menjadi incaran para kolektor motor yang menginginkan Ninja 300 mejeng di garasi atau showroom tempat para kolektor.

Tampilan yang sama dengan Ninja 250

Dari segi penampilan Ninja 300 memiliki tampang yang sama dengan adiknya yaitu 250cc. bahkan dari data teknis, spesifikasi sasis dan bodinya memiliki kesamaan yang sangat mirip bahkan tidak ada perbedaan yang tampak. Hanya saja dari kapasitas mesin yang memiliki perbedaan yaitu Ninja 300 lebih besar cc nya di bandingkan dengan Ninja 250. Selain itu ban yang di gunakan juga memiliki perbedaan yang dipakai oleh Ninja 300 dan 250.

Jika Ninja 250 memiliki ukuran ban belakang 140/70, maka Ninja 300 memiliki ban keluaran IRC yang sudah tubeless dengan tipe road winner. Pada bagian ban depan juga sama memakasi IRC road winner yang dikhususkan untuk Ninja 300.

Spesifikasi mesin 

Kawasaki Ninja 300 memiliki mesin sebesar 296cc, 2 silinder, 4 tak, DOHC. Mesin yang ada tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 39 ps dengan torsi maksimal 28Nm. Transmisi yang di gunakan adalah manual 6 percepatan dengan model kopling basah. Dari spesifikasi tersebut bisa bilang jauh lebih baik dari pada yang 250cc.

Selain itu, ada juga fitur slipper clutch yang biasa gunakan pada motor sport berteknologi balap. Fitur yang satu ini bisa membuat motor mengurangi gejala Back-torque atau yang lebiih di kenal dengan nama Engine break saat menurunkan gigi. Secara singkat, fitur ini bisa membuat dan mengurangi gejala slip pada kopling yang membuat penurunan gigi saat ngebut menjadi lebih lancar.

Slipper clutch pada tahun 2015 lalu merupakan fitur yang jarang d itemui pada motor sport. Nah pada fitur yang di bekali tersebut langsung menjadi perbincangan yang seru bagi para pecinta adrenalin di atas sepeda motor. Untuk pendingin yang di gunakan si Ninja 300 ini sudah membekalinya dengan radiator untuk mendinginkan mesin yang ada, seru bukan?.

Dimensi

Meski dapat katakan memiliki dimensi chasis serta bentuk tubuh yang serupa, hingga dimensinya betul- betul serupa dengan Ninja 250. Motor ini memiliki jauh 2. 015 milimeter, luas 715 milimeter serta besar 1. 100 milimeter. Bobotnya sendiri menggapai 172 kilogram, serta berat ini serupa dengan Ninja 250 yang pula memiliki berat di nilai 172 kilogram. Maksudnya berat tidak hadapi perbandingan penting meski mesinnya berlainan.

 

Untuk beberapa orang, rasanya Ninja 300 ini dikira selaku salah satu motor yang abur materi bakar. Sementara itu sesungguhnya tidak. Ninja 300 ini sedang memiliki mengkonsumsi bbm yang cukup hemat berkah pemakaian teknologi fuel injection( FI). Bersumber pada informasi, Ninja 300 ini memiliki mengkonsumsi bbm 1: 25 kilometer per liter. Buat motor dengan kapasitas 300 cc, dapat di katakan cukup hemat. Terlebih penampilan mesinnya cukup ok.

Pengereman yang ada

Pertanyaan fitur, Kawasaki Ninja 300 ini di lengkapi sistem pengermen dengan Anti- Lock Braking System( ABS). Alhasil keamanan juru mudi hendak lebih aman, sebab sanggup menghindari terbentuknya musibah. Sebab mengenakan sistem ABS, motor gerak badan ini pula memercayakan cakram cakram dengan 2 buah kaliper piston. Tetapi dimensi garis tengah dampingi rem balik serta depan terbuat berlainan.

 

Cakram depan mengenakan dimensi 290 milimeter, sedangkan cakram balik mengenakan 220 milimeter. Kedua rem itu sedia mendampingi tahap ban buat menyudahi kapanpun, manapun cocok perintah si juru mudi. Sedangkan buat menopang berat serta handling, suspensinya mengenakan teleskopik fork dengan 37 milimeter yang terasa aman kala maju jalan bolong.

 

Sedangkan interupsi balik, lengkapi sistem Uni- Trak dengan shockbreaker yang lumayan benyek dengan lengkapi 5 tingkatan peneyetelan. Kurang keras, dapat atur. Ataupun kurang benyek, dapat ganti lagi cocok dengan kemauan. Dengan cara detail, rasanya motor ini cukup ok untuk pelihara. Gimana dengan instrument cluster?

 

Konsep panel instrumentnya terbuat terkini dengan campuran digital lebih informatif serta sporty. Bentuknya besar serta komplit, analog style tachometer, memakai paket instrumen terkini, seluruh mempunyai layar LCD multi- fungsi dengan bermacam fitur, tercantum juru ukur materi bakar. 2 penanda meteran, jam serta penanda murah juru mudi, LED putih lampu balik membenarkan pandangan yang nyata di malam hari.

Harga Bekas

Selaku motor yang jual terbatas, serta 5 tahun kemudian memiliki harga yang lumayan mahal pasti harga bekasnya lumayan normal. Apalagi harga sisa dari Ninja 300 ini sedang dapat bersaing dengan Ninja 250 yang terdapat di pasaran pada kala ini. Meski telah jadi lebih ekonomis, namun harga sisa Ninja 300 ini sedang memiliki angka di nilai kepala 4 hingga 6.

 

Bersumber pada observasi, harga sisa Kawasaki Ninja 300 ini memiliki harga yang lumayan bermacam- macam. Terkait keinginan sang pedagang menjual motor kesayangannya ini. Harga paling murah buat Ninja 300 ini menggapai Rp48 jutaan. Sebaliknya harga paling tinggi yang kita mengawasi terletak di nilai Rp77 jutaan itu juga pedagang terletak di posisi Makassar, Sulawesi Selatan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.