Home » Melihat Kecanggihan Yamaha Augur: Punya Sensor Cahaya Keren, Layak Meluncur di Indonesia?

Melihat Kecanggihan Yamaha Augur: Punya Sensor Cahaya Keren, Layak Meluncur di Indonesia?

by Editor 01
Tampilan Depan Yamaha Augur (Foto: Yamaha Taiwan)

OTOBIKESYamaha Augur telah dirilis di Taiwan pada pertengahan Desember lalu. Skutik premium ini hadir dengan gaya yang benar-benar baru dan memiliki banyak kecanggihan pada fitur-fitur yang dibawanya.

Belum diketahui pasti apakah Yamaha Augur juga akan meluncur di Indonesia, yang jelas motor ini cukup menyita perhatian dunia karena desain sci-fi radikal yang diusungnya.

Dari segi tampilan, Augur memiliki fairing depan unik dengan panel bodi kanan dan kiri bertemu pada lampu depan proyektor LED.

Kalau dilihat dari samping, garis desain Yamaha Augur terlihat seperti anak panah yang melesat menembus angin dengan efek cahaya di ujungnya yang lancip.

Di lihat dari depan lebih mantap lagi, nuansa robotik begitu meyala dengan garis desain lampu depan yang keren bagai cahaya bintang yang terang.

Selain tampilannya yang modern, Yamaha Augur tentunya dibekali pula fitur-fitur canggih yang membuat motor ini semakin berkesan ketika dikendarai.

Lantas kecanggihan apa saja yang dimiliki skutik ini?

Berbagai Fitur Canggih Yamaha Augur

Desainnya yang futuristik membuat Yamaha Augur disorot pecinta otomotif di dunia. Skutik ini juga ditopang dengan fitur-fitur canggih mulai dari lampu LED diberikan sensor cahaya yang keren dan teknologi-teknologi lainnya yang yang menunjang kebutuhan pengendara.

Berikut Oto Bikes rangkum berbagai kecanggihan yang dimiliki Yamaha Augur.

Lampu Bantu Putar Y-LLA

Fitur Y-LLA Yamaha Augur (Foto: Yamaha Taiwan)

Fitur Y-LLA Yamaha Augur (Foto: Yamaha Taiwan)

Y-LLA (Yamaha Lean Light Assist) adalah fitur yang disematkan pada lampu depan untuk bantuan kemudi.

Saat motor dalam keadaan miring atau menikung, fungsi lampu tambahan otomatis akan menyala yang kecerahannya disesuaikan dengan sudut kemiringan.

Fitur ini mampu meningkatkan jangkauan penerangan jalan di tikungan guna menambah keselamatan dalam berkendara terutama pada malam hari.

Lampu Depan Warna Variabel Y-AU

Fitur lampu Y-AU Yamaha Augur

Fitur lampu Y-AU Yamaha Augur (Foto: Yamaha Taiwan)

Selain punya sensor lampu tambahan otomatis yang berguna saat menikung, lampu depan motor ini juga punya dua pilihan suhu warna yang bisa digonta-ganti, yaitu cahaya putih terang dan cahaya putih hangat kekuning-kuningan.

Fitur ini tentunya sangat beguna untuk penerangan di berbagai kondisi jalan dan cuaca. Saat kondisi sedang hujan, warna kedua dengan suhu yang hangat akan lebih beguna dari pada warna putih terang.

Instrument TFT Pintar yang Lengkap dengan Warna Otomatis

Instrumen TFT Pintar Yamaha Augur

Instrumen TFT Pintar Yamaha Augur (Foto: Yamaha Taiwan)

Fitur selanjutnya yang dimiliki Yamaha Augur yaitu layar instrument TFT pintar yang warnanya mampu menyesuaikan secara otomatis pada tampilan positif atau negatif.

Fitur ini memungkinkan pengguna tetap bisa melihat segala informasi pada panel meter dalam berbagai kondisi.

Informasi yang disajikan pun sangat lengkap, termasuk menangkap panggilan dan pesan karena skutik ini sudah terintegrasi dengan ponsel.

Selain itu, dilengkapi pula sistem navigasi eksklusif yang dapat membantu pengendara dalam menjelajahi tempat-tempat baru.

Y-Connect

Motor ini juga sudah dilengkapi fitur khas garpu tala yaitu Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) yang menghubungkan motor dengan smartphone.

Melalui fitur ini pemilik motor dapat memastikan status kendaraan seperti oli mesin dan aki, lokasi parkir, termasuk layanan peta navigasi eksklusif yang ditopang oleh teknologi ini.

Mesin Bluecore 155cc

Di sektor jantung pacu, motor ini sudah dibenamkan mesin generasi terbaru dari Yamaha bernama Bluecore berpendingin cairan dengan kubikasi 155cc yang mampu menghasilkan 14,8 tenaga kuda dan torsi maksimal 13,9Nm.

Tangki bahan bakarnya juga cukup lega yakni 6,1 liter atau sedikit lebih besar dari saudara kandungnya, Yamaha Aerox.

Sistem Keselamatan Mumpuni Lengkap dengan Kontrol Traksi

Skutik premium Yamaha punya ini juga sudah dilengkapi fitur keselamatan mumpuni lewat sistem pengereman Anti-lock Bracking System (ABS) dengan rem cakram depan 267mm yang dilengkapi dengan kaliper piston ganda dan cakram belakang 230mm.

Selain itu, Yamaha Augur juga sudah dilengkapi fitur untuk mengontrol traksi (TCS) guna menyelaraskan putaran roda depan dan belakang secara efektif selama akselerasi, sehingga mencegah kendaraan tergelincir di jalan basah, berlumpur atau berpasir.

Nah, itulah berbagai kecanggihan yang dimiliki Yamaha Augur. Selain fitur-fitur di atas, motor ini juga tentunya sudah dilengkapi teknologi-teknologi standar yang biasa ada pada model motor kekinian seperti Smart Key System dan USB Power Charger.

Harga Yamaha Augur

Soal harga, motor ini dibanderol 118.000 Dolar Baru Taiwan atau sekitar Rp60 jutaan (Kurs Rp505,50). Bagaimana, apa layak meluncur di Indonesia?

(ASR)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.