Home » Kenali Sosok Miguel Oliveira, Pebalap MotoGP yang Pertama Kali Juara di Mandalika

Kenali Sosok Miguel Oliveira, Pebalap MotoGP yang Pertama Kali Juara di Mandalika

by Defa

OTOBIKES,- Miguel Oliveira merupakan pebalap asal Portugal yang mempunyai nama lengkap Miguel Angelo Falcao de Oliveira yang lahir di Almada, Portugal 4 Januari 1995. Oliveira berhasil keluar sebagai juara di Sirkuit Mandalika. Sirkuit kebanggaan Indonesia yang pertama kali dijadikan venue ajang balap motor internasional MotoGP pada 20 Maret 2022.

Ia turun di kelas tertinggi kejuaraan dunia balap pada pada tahun 2019 dengan Tim Red Bull KTM Tech 3 dengan menggunakan motor KTM.

Juara di MotoGP Mandalika merupakan raihan juara keempatnya di kelas MotoGP. Kemenangan MotoGP pertamanya terjadi di GP Strya pada musim balap 2020. Kedua, saat MotoGP Portugal di musim yang sama. Kemudian ia kembali meraih juara pertama di MotoGP Catalunya pada musim balap 2021 dan yang terbaru adalah di MotoGP Mandalika 2022.

Bakat Miguel Oliveira di dunia balap ternyata mengalir dari darah sang ayah yang merupakan mantan pebalap motor. Sang ayah selalu mendukung Oliveira kecil untuk terjun ke dunia balap.

Kejuaraan pertama Oliveira di dunia balap terjadi di MiniGP Portugal 2004. Saat itu usianya masih sembilan tahun. Pada tahun itu, Oliveira memang tidak keluar sebagai juara, tapi ia berhasil meraih penghargaan “Young Promise of the Year”.

Namun setahun setelahnya, ia berhasil memenangkan kejuaran MiniGp Portugal itu dan mengulanginya lagi ditahun setelahnya. Oliveira berhasil menjadi juara dua kali, tahun 2005 dan 2006.

BACA JUGA : Motor Honda Vario 125, Cakep, Modern dan Irit

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.