Home » Kisah Nyi Roro Kidul di Pantai Parangkusumo Yogyakarta

Kisah Nyi Roro Kidul di Pantai Parangkusumo Yogyakarta

by Anjar

OTOBIKES – Parangkusumo merupakan salah satu pantai yang sangat indah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain keindahannya, daya tarik dari bagian dari pesisir selatan Jawa ini kental dengan legenda atau cerita misteri atau mistis yang membuat bulu kuduk berdiri.

Sudah menjadi bagian dari legenda rakyat, Pantai Parangkusumo terkenal punya kaitan erat dengan Ratu Pantai Selatan dan Panembahan Senopati. Karena konon tempat ini menjadi saksi bertemunya Ratu Pantai Selatan dan Panembahan Senopati. Kabarnya di pantai ini Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan pertama kali menunjukan wujud aslinya kepada Panembahan Senopati.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Terbengkalai di Indonesia yang Dikenal Paling Horor

Di Parangkusumo juga terdapat Batu Cinta yang dipercaya menjadi sebuah benda mistis dan sakral. Bagi yang mempercayainya, sering dijadikan tempat ziarah dan memberikan taburan bunga dan juga semerbak aroma dupa di sekitarnya.

Upacara Sakral Ratu Pantai Selatan dan Panembahan Senopati

Peristiwa terjadinya pertemuan Nyi Roro Kidul dan Panembahan Senopati menjadi awal mula terjalinnya hubungan erat antara Keraton Yogyakarta dan Kerajaan Laut Selatan. Hubungan tersebut masih erat karena menghormati nenek moyang dan warisan budaya serta selalu diperingati dengan beberapa upacara sakral di sepanjang tahun.

Salah satunya adalah upacara Labuhan Alit yang dilakukan setiap memasuki bulan Ruwah dalam kalender Jawa atau Sya’ban menurut kalender Hijriah. Upacara ini dilakukan dalam rangka mengucapkan rasa syukur pada Ratu Pantai Selatan atas perlindungan kepada Keraton Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Korea yang Harus Dicoba Para Bikers

Sesajen dipersiapkan di setiap upacara sakral sebagai rasa hormat. Dan jika saat sesajen di bawa ke bibir pantai, masyarakat berlomba lomba mendapatkan sesajen tersebut karena konon akan mendapatkan keberkahan.

Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengikuti jalannya upacara dengan ritual sakral. Mereka diperbolehkan ikut namun harus sopan dan mengikuti semua aturan yang berlaku.

Keindahan Pantai Parangkusumo

Beralih ke sisi Keindahan, Pantai Parangkusumo memiliki pesona yang sangat memukau, tidak kalah dengan pantai-pantai indah lainnya di Indonesia. Garis mantainya memiliki hamparan pasir coklat kehitaman yang luas dan indah

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik untuk Sobat Otobikes

Selain berjemur dan bermain menikmati ombak, wisatawan juga bisa menyusuri pantai dengan menyewa ATV. Pemandangan yang tak kalah eloknya saat menikmati waktu senja dan jangan khawatir tempat ini memiliki fasilitas umum cukup komplit mulai dari parkiran, Mushola hingga toilet.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.