Home » Komunitas Vespa Ini Touring untuk Menggali Sejarah Pulau Jawa

Komunitas Vespa Ini Touring untuk Menggali Sejarah Pulau Jawa

by AdminOto
Komunitas Vespa

OTOBIKES – Vespa Cross Nation (VCN) dan Vespa Greel Indonesia (VGI), touring sambil menyambangi lokasi-lokasi bersejarah di berbagai wilayah Indonesia khususnya pulau Jawa.

Kegiatan yang bertajuk Frame of Nusantara ini dilakukan selama lima hari mulai dari 10 – 15 Agutus 2021. Adapun destinasi perjalanannya sendiri meliputi Alun-alun Talegong, Stasiun KAI Cijulang, Terowongan Wihelmina, Komplek Makam Raja Imogiri, Dieng Plateau, dan Candi Arjuna.

“Tujuan dari kegiatan touring ini adalah untuk mengenal lokasi-lokasi bersejarah di Indonesia. Harapannya bisa memberikan edukasi bagi khalayak ramai,” ucap Rob selaku salah satu peserta touring.

Perjalanan sendiri dimulai dari Bandung, Jawa Barat dengan destinaso awal yakni Alun-alun Talegong dan Stasiun KAI Cijulang. Stasiun yang penuh sejarah ini sudah tidak beroperasi lagi dan bangunannya terlihat sudah tidak layak.

Baca juga : 5 Wisata Bali yang Cocok di Kunjungi Saat Touring

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Terowongan Wilhelmina yang telah dibangun sejak jaman kolonial Belanda. Terowongan ini memiliki panjang 1.116 km dan menjadi yang terpanjang di Indonesia.

Dikatakan bahwa komunitas Vespa Cross Nation menjadi komunitas Vespa pertama yang melintasi terowongan tersebut.

Perjalanan selanjutnya menyambangi Makam Raja Imogiri yang juga memiliki nilai sejarah berharga. Untuk memasuki tempat tersebut, mereka harus menaiki 454 anak tangga.

Sesampainya di sana mereka bertemu dengan penjaga makam dan berkesempatan untuk menggali berbagai informasi seputar makam tersebut. Sekadar informasi, Makam Raja Imogiri ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan Mataram di Yogyakarta.

Di kota Gudeg, VCN akhirnya bertemu dengan komunitas Vespa lainnya dan saling bertukar pikiran. Tidak hanya itu, pertemuan ini juga menghasilkan sesi podcast yang menghibur.

Perjalanan kembali dilanjutkan menuju kawasan dataran tinggi Dieng. Peserta touring kali ini bertambah dengan kedatangan dari beberapa meber VGI.

Kawasan Dieng yang terkenal dengan suasana sejuk ala pegunungan merupakan destinasi yang utama. Tujuan pertama saat menyapa Dieng adalah melihat terbitnya matahari atau biasa disebut sunrise.

Setelah itu, rombongan juga menyempatkan diri untuk menyambangi salah satu candi yakni Arjuna. Di sana mereka kembali mempelajari sejarah masa lalu Indonesia dan mendapatkan berbagai inspirasi.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.