Home » Memilih Ban yang Tepat di Musim Hujan

Memilih Ban yang Tepat di Musim Hujan

by Tommy JP
Tips Memilih Ban Motor

OTOBIKES – Ban motor terdiri dari berbagai jenis sesuai dengan peruntukannya. Memilih ban motor yang tepat untuk musim hujan, bisa meminimalisir risiko kecelakaan.

Penggunaan ban yang tidak tepat bisa menjadikan kendaraan mudah terselip, terlebih ketika berada pada tikungan dan kendaraan berbelok dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Daya cengkeram ban yang minim terhadap permukaan aspal, membuat pengendalian motor menjadi sulit. Bahkan dalam beberapa kasus pengendara tidak bisa mengendalikan motor saat hujan dan akhirnya terjatuh.

Untuk menghindari kejadian di atas, Sobat Otobikes ada baiknya melakukan pemilihan ban yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang dikutip dari laman Astra Honda.

  • Gunakan ban berteknologi silica

Penggunaan ban berteknologi silica, diklaim mampu membuat produk memiliki daya cengkraman lebih baik terhadap permukaan jalan. Dengan demikian, pengendara bisa melaju dengan aman dan terhindar dari slip saat berada di tikungan, meski kondisi jalan tengah basah karena hujan sekalipun.

Baca juga : Ini Keuntungan Beli Sepeda Motor Secara Kredit

Teknologi silica juga digunakan oleh banyak produsen ban di seluruh dunia. Hal ini karena silica mampu memberikan daya tahan lebih baik sehingga berujung efisiensi.

  • Pakai ban dengan kembang rapat

Ban untuk kondisi basah berbeda dengan kering. Pada kondisi kering, semakin sedikit motif atau kembangan ban, maka akan berimbas kecepatan yang lebih baik.

Sementara untuk jalanan basah, justru sebaliknya. Namun secara spesifik konsumen harus memilih ban dengan bentuk kembangan lebih rapat untuk bisa membuat air di permukaan dengan baik.

  • Ban standar

Sebanarnya setiap pabrikan sudah memperhitungkan segala sesuatu yang melekat di sepeda motor. Tidak terkecuali pada ban yang dirancang untuk bisa menahan bobot sekaligus memberikan girp maksimal.

Jika tidak ingin ribet, maka jangan ganti ban secara sembarangan, gunakan pengaturan pabrik saja. Dimana rata-rata pabrik ban di Indonesia sudah menyesuaikan dengan kondisi jalanan di Tanah Air, saat musim panas ataupun hujan untuk berkendara dengan baik.

Pabrik ban di Indonesia akan menggunakan pengaturan yang cocok digunakan dalam kondisi basah ataupun kering. Sehingga Sobat Otobikes tidak perlu menggonta-ganti ban per musimnya.

Paling penting untuk diperhatikan yakni tingkat kedalaman kembangan yang ada pada ban. Apabila sudah tipis, maka sangat disarankan untuk mengganti agar performa kendaraan tetap baik di segala medan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.