Home » Mengenal Jenis Helm Motor, Lady Bikers Pilih yang Mana nih?

Mengenal Jenis Helm Motor, Lady Bikers Pilih yang Mana nih?

by AdminOto
Jenis Helm

OTOBIKES – Helm menjadi perlengkapan wajib untuk pengendara sepeda motor. Sebagaimana diketahui, kewajiban tersebut juga sudah tertulis di dalam UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 57 ayat 2 dan Pasal 106 ayat 8 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada kedua pasal juga disebutkan, sebuah helm harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat embos SNI pada salah satu bagian helm. Akan tetapi, memilih helm yang tepat sejatinya merupakan bagian terpenting bagi para pemotor. Oleh karena itu, ada baiknya sobat Otobikes mengenali dulu jenis-jenis helm di pasaran sekarang ini.

  1. Helm full face

Sesuai dengan namanya, helm ini menutup sempurna bagian kepala hingga wajah. Dipastikan helm ini maksimal melidungi kepala dan wajah saat terjadi kecelakaan. Helm full face juga menjadi pilihan terbaik untuk berkendara jarak jauh. Itu karena desainnya menutupi kepala, wajah dan sebagian leher. Jenis helm ini juga memiliki pelindung bagian rahang, dagu dan pipi. Agar lebih nyaman, pilih helm full face dengan ventilasi maksimal.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Bau Tak Sedap pada Helm Kesayangan

  1. Helm modular

Setipe dengan helm full face, helm jenis modular juga menutup seluruh bagian kepala dan wajah. Perbedaan terdapat pada pembukaan helm bisa dilakukan dari bagian dagu hingga wajah. Helm ini juga jadi salah satu favorit penggemar turing. Sayangnya, helm modular biasanya agak lebih berat dibandingkan helm kebanyakan. Makanya, agak jarang pemotor apalagi lady bikers yang memilihnya untuk penggunaan harian.

  1. Helm open face

Jenis helm open face memiliki desain terbuka di bagian wajah. Helm ini juga banyak dipilih oleh lady bikers pecinta motor bergaya klasik seperti Vespa. Akan tetapi, ada catatan untuk helm ini. Dengan bagian muka tanpa penutup, risiko cedera lebih besar saat sobat lady bikers mengalami kecelakaan.

Agar lebih aman, pilihlah helm berpelengkap visor. Selain bisa mengurangi risiko cedera, helm yang biasa disebut half face dapat melindungi wajah dari kotoran selama berkendara.

  1. Helm off road

Helm off road memiliki bentuk paling beda dengan ketiga tipe helm diatas. Helm ini jelas peruntukkan penggemar giat trabas. Meski dikategorikan sebagai helm full face, desain helm off road punya desain pelindung mulut lebih maju. Sementara pada bagian muka didesain untuk dapat mengaplikasi google. Buat lady bikers penggemar motor trail dan suka beradventure ria, helm off road ini menjadi satu-satunya pilihan terbaik.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.