Home » Mengenal Jenis-jenis Lampu Motor

Mengenal Jenis-jenis Lampu Motor

by Tommy JP
Lampu Motor

OTOBIKES – Lampu pada motor berperan penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan baik siang hari maupun malam hari. Bagian penerangan pada kendaraan roda ini memiliki bentuk dan jenis yang berbeda-beda.

Seperti diketahui motor baru tidak memiliki saklar lampu untuk menyalakan maupun mematikannya. Artinya sepanjang kendaraan digunakan lampu motor akan terus menyala.

Hal ini tercantum pada 107 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), karena kondisi jarak pandang yang terbatas. Dimensinya yang kecil, membuat keberadaan motor sulit diprediksi oleh kendaraan lebih besar.

Sementara pada malam hari, lampu motor jelas penting fungsinya karena untuk membantu penglihatan. Adanya lampu membantu pengendara dalam melihat jalanan dan pengguna jalan lain.

Lampu pada motor terdiri dari beberapa bagian. Jenisnya antara lain lampu depan, lampu belakang (rem), sein, lampu jauh dan spidometer.

Baca juga : Mengenali Bagian-bagian Penting Pada Helm

Lampu-lampu tersebut penting diketahui jenis-jenisnya agar tidak kebingungan saat hendak melakukan penggantian. Dikutip dari laman resmi Wahana Honda, berikut ini jenis-jenis lampu pada sepeda motor.

Lima Jenis Bohlam Lampu Motor

  • Lampu depan

Lampu depan atau biasa disebut headlamp berfungsi sebagai sumber penerangan utama pada motor. Lampu jenis ini memiliki soket tipe M4/H6 dengan 2 kaki untuk motor bebek maupun matik.

Walaupun ada beberapa tipe motor bebek dan matik dengan soket 3 kaki seperti model sport. Sedangkan soket headlamp motor sport menggunakan HS1/H4/H7.

  • Lampu sein

Lampu sein seperti diketahui terletak di bagian samping, baik kanan maupun kiri. Lampu jenis ini pada umumnya baik bebek, matik dan sport sama-sama menggunakan soket model T10.

Komponen satu ini juga dikenal dengan model tancap, meskipun adapula yang menggunakan model soket bayonet kaki satu.

  • Lampu rem

Jenis lampu satu ini memiliki dua fungsi yakni sebagai lampu senja atau kecil, namun adapula fungsi lampu rem yang menyala ketika tuas rem ditekan.

Pada lampu jenis ini, jenis yang umum digunakan adalah bayonet dua kaki atau S25. Meskipun dipasaran terdapat beberapa model motor yang menggunakan kombinasi soket T10.

  • Lampu jauh

Komponen penerangan pada motor ini sangat berguna pada malam hari. Lampu ini berguna untuk membantu pengendara saat memasuki jalanan yang benar-benar gelap tanpa penerangan.

Lampu jauh juga bisa dimanfaatkan pengendara saat hendak mendahului. Sehingga pengendara lain mengetahui dan bisa memberikan jalan.

Untuk lampu jauh pada motor, pada umumnya pabrikan menggunakan model tancap T10.

  • Lampu speedometer

Lampu speedometer atau panel meter pada umumnya menggunakan tipe soket tancap. Lampu jenis ini biasanya menggunakan dua model yakni T5 dan T10.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.