Home » Mengenal Legenda di Balik Nama Sirkuit Internasional Mandalika

Mengenal Legenda di Balik Nama Sirkuit Internasional Mandalika

by zizi

OTOBIKES,- “What an incredible place! The Mandalika Circuit is firmly in the category of most beautiful circuits in the world.”  Hal itu tertulis dalam postingan Instagram @motogp.  Bangsa Indonesia patut bangga!  Sirkuit Internasional Mandalika dinilai sebagai tempat luar biasa dan masuk dalam kategori sirkuit tercantik di dunia. 

Nama “Mandalika” sendiri merupakan nama yang tidak umum.  Unik dan membawa kekhasan lokal dari kekayaan legenda Indonesia.  Ya, Mandalika merupakan salah satu legenda Suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Ada yang tahu mengenai legenda ini?

Mandalika adalah nama seorang putri, anak dari Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting. Putri Mandalika dikenal sebagai putri yang cantik dan baik hati.  Tak heran banyak pangeran dan pemuda yang ingin melamarnya.  Raja pun menyerahkan keputusan pada Putri Mandalika untuk memilih siapa calon suaminya.

Namun Putri Mandalika tak sanggup memilih karena khawatir timbul perpecahan.  Akhirnya ia mengumumkan akan menerima semua pinangan yang ada.  Setelah mengungkapkan hal itu, ia malah terjun ke laut lepas.  Pencarian pun dilakukan, tapi tidak ada yang menemukan keberadaannya.  Anehnya, di laut itu muncul cacing berwarna-warni yang disebut nyale.  Nyale ini pun dianggap sebagai jelmaan Putri Mandalika yang disebut juga Putri Nyale. 

Legenda ini pun hidup dan jadi bagian tradisi masyarakat di Lombok.  Bahkan, kini melekat jadi nama salah satu sirkuit internasional terbaik dunia.* –SHA

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.