Home » Mengenal Perbedaan Balap MotoGP, Moto2, dan Moto3

Mengenal Perbedaan Balap MotoGP, Moto2, dan Moto3

by Anjar
Sumber motogp.com

OTOBIKES – MotoGP kini tentu telah menjelma menjadi the pinnacle class of world championship road racing alias puncaknya ajang balap roda dua di dunia. Hingar bingar yang terjadi di MotoGP sudah barang tentu menjadi konsumsi menarik bagi miliaran penggemar fanatiknya dan kerap menjadi topik pembicaraan di mana-mana.

Namun yang juga patut diketahui adalah ada banyak lagi ajang balap motor selain MotoGP yang sejatinya tak kalah bergengsi. Sebut saja seperti World Super Bike, Moto Cros, Speed Way Race dan masih banyak lagi.

Sebelum membahas MotoGP lebih jauh, alangkah baiknya untuk mengetahui dulu bagaimana perkembangan atau sejarah singkat dari balapan sepedamotor yang pernah digelar di dunia.

Sejarah Singkat Perkembangan Balapan Sepedamotor Kelas Dunia

Balap sepedamotor kelas dunia alias Grand Prix motorcycle racing menurut catatan sudah dimulai sejak tahun 1949. Dulu ada banyak kelas yang diperlombakan mulai dari 125, 250, 350 dan 500 terus ada juga balap kelas 600 cc.

Seiring dengan berjalannya waktu pada tahun 60-an, sejak pabrikan sepedamotor Jepang ikut di balap sepedamotor dunia, mulai dilombakan kelas 50 cc. Dan seiring berjalannya waktu, balap sepedamotor dunia ini makin populer dan punya fanbase yang luar biasa jumlahnya.

Masuk tahun 2002, terdapat rebranding untuk kelas utama atau kelas Premier menjadi kelas MotoGP. Dibagi menjadi tiga kelas, yakni Moto3, Moto2 dan kasta paling tinggi MotoGP.

Perbedaan Antara MotoGP, Moto2 dan Moto3

Perbedaan yang paling mencolok dari ketiganya yaitu tentu terletak pada kapasitas mesin. Kelas Moto3 menggunakan mesin kapasitas 250 cc dengan satu silinder, Moto2 765 cc menggunakan tiga silinder sedangkan MotoGP 1000 cc menggunakan empat silinder.

Yang juga patut diketahui adalah perbedaan soal penggunaan mesin. Untuk Moto3 dan MotoGP, keduanya menggunakan mesin prototype atau mesin khusus yang diciptakan untuk balapan MotoGP.

Sementara Moto2 mengunakan one engine supplier. Di 2021 pasokan mesin datang dari pabrikan sepedamotor Inggris Triumph dengan sumber tenaga Triumph Street Triple RS.

Selain dari mesin perbedaan paling mencolok bisa dilihat dari Bobot atau berat dan juga kecepatan dari mesin tersebut. Untuk MotoGP harus memiliki berat minimum 157 kg, Moto2 217 kg termasuk pembalap sedangkan Moto3 adalah 152 kg.

Berikut Untuk kecepatan ketiga kelas yang ada di balapan MotoGP:

  • Moto3 – 245 km/jam.
  • Moto2 – 295 km/jam.
  • MotoGP – 350 km/jam.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.