Home » Mengenal Zat yang Bisa Merusak Oli Mesin

Mengenal Zat yang Bisa Merusak Oli Mesin

by Tommy JP
Oli Mesin Motor

OTOBIKES – Oli mesin yang tercampur dengan bahan-bahan tertentu, menyebabkan penurunan kualitas akhirnya merusak kandungannya.

Oli merupakan salah satu bagian yang cukup penting bagi mesin kendaraan. Fungsi oli sendiri selain melumasi juga harus bisa menjaga temperatur dalam mesin tetap stabil.

Perawatan berkala pada kendaraan termasuk rutin mengganti oli, bisa membuat mesin lebih awet. Seiring dengan itu, kondisi mesin akan lebih optimal dan berujung pada efisiensi yang menguntungkan Sobat.

Perlu diketahui bahwa oli di dalam mesin sendiri mempunyai beberapa ‘musuh’ yang bisa merusak kualitasnya. Beberapa kontaminan diketahui dapat menjadi penyebab utama rusaknya oli.

“Beberapa kontaminan yang larut dalam oli mesin harus diperhatikan, karena zat tersebut dapat menyebabkan penurunan kualitas. Kualitas yang menurun secara dini atau belum waktunya ganti, bisa menyebabkan kerusakan mesin,” kata Agung Prabowo teknisi spesialis pelumas, coolant dan grease Pertamina Lubricants.

Baca juga : Tips Merawat Motor Berwarna Doff

Berikut ini beberapa zat yang bisa menyebabkan kerusakan oli mesin

  • Glikol

Zat gllikol ini pada umumnya ditemukan pada mesin diesel dan terjadi karena kerusakan seal, kepala gasket ditiup, retak kepala silinder, korosi dan kavitasi (ruang kosong dalam mesin).

Glikol dalam oli mesin bisa membuat kental jelaga dan menyebabkan pembatasan aliran oli dan penyumbatan filter. Kontaminasi zat ini akan menyebabkan keausan 10 lebih besar dari air.

  • Pengenceran bahan bakar

Pengenceran bahan bakar biasanya terjadi pada mesin yang telah lama mati. Bisa juga terjadi karena menyalakan mesin dalam kondisi dingin walaupun dalam skala kecil.

Pengenceran bahan bakar berat terjadi karena adanya kebocoran, masalah pada injektor, dan gangguan efisiensi pembakaran. Dikatakan bahwa pengenceran berat akan menyebabkan kondisi serius yang tidak bisa dituntaskan dengan hanya mengganti oli.

  • Jelaga

Jelaga adalah produk sampingan dari pembakaran dan biasanya terjadi pada semua mesin yang telah dioperasikan. Ketika jelaga mulai banyak, maka sudah masuk waktunya penggantian oli mesin.

Jelaga dalam jumlah yang tinggi muncul dari proses pembakaran yang tidak sempurna atau filter udara sudah tidak bagus.

  • Air

Air merupakan salah satu kontaminan yang paling merusak hampir semua pelumas. Air merusak aditif, menginduksi oksidasi minyak dasar (base oil) dan mengganggu terbentuknya lapisan film pelindung mesin.

Kondensasi yang terbentuk dalam ruang mesin saat dioperasikan dapat menyebabkan bibit air dan pada akhirnya merusak kualitas oli dan menyebabkan korosi di mesin.

Untuk mendapat performa mesin yang optimal, gunakan oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Selain itu lakukan perawatan kendaraan secara berkala untuk mendapatkan performa yang ideal.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.