Home » Menjaga Motor Tetap Optimal, Ini Caranya

Menjaga Motor Tetap Optimal, Ini Caranya

by AdminOto
Ilustrasi.*(FOTO : Pinterest)

OTOBIKES,- Setelah menggunakan motor untuk beraktivitas dan perjalanan jauh, baiknya pemilik motor melakukan pengecekan pada kondisi motor. Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menyarankan agar pemilik motor melakukan 7 langkah agar motor tetap optimal.

Pengecekan Kondisi MotorĀ 


Mencuci motorSetelah motor menempuh jarak jauh, banyak kotoran akan menempel di badan motor. Atau melekat pada bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti area bawah motor atau area mesin. Untuk menghindari kerak yang menempel pada sepeda motor, segera cuci. Bilas seluruh bagian motor terlebih dahulu untuk merontokan kotoran-kotoran yang menempel. Lalu usap seluruh bagian motor dengan sabun khusus motor dan spon lembut. Untuk yang sulit dijangkau, dapat menggunakan sikat. Setelah itu bilas kembali motor dengan air bersih dan lap hingga mengering.

Baca Juga : Motor Listrik Trinity Jupiter S Curi Perhatian


Ganti oli
Ganti oli setelah menempuh perjalanan jauh agar kinerja mesin tetap prima. Untuk oli mesin, lakukan penggantian setiap 4.000 km atau sesuai dengan jadwal yang ada pada buku service. Selain oli mesin, cek juga oli gear, terutama di kendaraan bertransmisi matic. Untuk oli matic, masa pergantiannya setiap 8.000 km per 2 tahun.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.