Home » Menjaga Traksi Ban Motor Tetap Menggigit

Menjaga Traksi Ban Motor Tetap Menggigit

by AdminOto
menjaga traksi ban motor

OTOBIKES – Ban pada sepeda motor memiliki tugas yang penting untuk menjaga keseimbangan dan traksi. Agar memberikan traksi yang maksimal, ban motor harus tetap dijaga kualitas dengan melakukan perawatan berkala.

Dengan traksi maksimal, ban bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Oleh karena itu ban tidak boleh kehilangan gigitan ke aspal.

Teknik berkendara juga dapat mempengaruhi traksi roda ke permukaan jalan. Dengan teknik berkendara yang benar pengendalian kendaraan akan terasa lebih mudah.

Jika dilihat dari penyebabnya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ban kehilangan traksi. Mulai dari faktor kondisi motor, lingkungan hingga gaya berkendara.

Baca juga : Piaggio Umumkan Kemenangan Dua Tuntutan atas Peugeot

Untuk mendapatkan traksi maksimal dalam setiap perjalanan, Sobat harus memperhatikan beberapa tips berikut ini :

  • Cek kondisi Fisik Ban dan tekanan Angin

Kondisi ban yang jelek kerap menjadi sumber penyebab ban kehilangan traksi. Karena ketika karet ban sudah aus, maka daya cengkeram akan berkurang.

Ban yang sudah tidak layak pakai sudah semestinya diganti. Ciri-ciri ban yang sudah harus diganti adalah kembang yang sudah menipis, tapak ban sejajar dan tidak nyaman dikendarai.

Selain fisik tekanan angin juga penting untuk menjaga daya cengkeram ban ke jalan. Tekanan angin terlalu keras akan membuat ban kehilangan traksi dan mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Lalu tekanan angin ban yang kurang akan membuat traksi bagus namun menjadi beban tambahan untuk kendaraan. Motor akan terasa lebih berat tarikannya dan tentunya akan menambah porsi bahan bakar daripada biasanya.

  • Kenali dan Pilih Rute berkendara

Kerap melintasi rute yang berbahaya seperti berpasir, berbatu, berlumpur dan banyak dominasi tanah maupun genangan air, akan membuat ban kehilangan traksi.

Sebisa mungkin hindari medan jalan seperti di atas untuk meminimalisir risiko.

  • Berkendara konstan dan halus

Teknik dan gaya berkendara seorang rider akan mempengaruhi traksi ban ke medan jalan. Semakin agresif dalam berkendara, bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Membuka gas secara mendadak dan melakukan pengereman keras secara tiba-tiba dapat membuat ban kehilangan traksi. Selain itu, kondisi motor juga akan lebih cepat rusak.

Saat ini dipasaran sudah cukup banyak pabrikan motor yang membenamkan fitur pintar pada produk unggulannya. Fitur kontrol traksi bisa diandalkan oleh pengendara dalam menaklukkan berbagai medan.

Namun Sobat tidak boleh terlalu terpaku pada fitur tersebut. Karena kendali penuh harus berasal dari pengendara itu sendiri.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.