Home » Menjelajah Wisata di Taman Nasional Wakatobi, Dari Surga Bawah Laut Hingga Kuliner Khas

Menjelajah Wisata di Taman Nasional Wakatobi, Dari Surga Bawah Laut Hingga Kuliner Khas

by AdminOto

OTOBIKES – Salah satu destinasi wisata yang rekomended untuk dikunjungi para bikers di Sulawesi adalah Taman Nasional Wakatobi.  Kawasan Wakatobi sulawesi memiliki empat pulau utama, yakni Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Bila dilihat secara lebih jelas, nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari keempat pulau tersebut.

Selain empat pulau utama tersebut, Wakatobi juga memiliki pulau lain yang tidak kalah indah. Sobat Otobikes dapat mengunjungi Pulau Hoga, Kapota, Anano, maupun Rundumana. Dengan luas sekitar 1,39 juta hektar, Wakatobi ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1996 oleh UNESCO.

Baca Juga: 7 Wisata Pegunungan yang Cocok untuk Sobat Otobikes

Surga Alam Bawah Laut yang Indah

Belum banyak yang tahu, Wakatobi dianugerahi alam bawah laut yang indah. Salah satu spot terbaiknya adalah Collosseum. Diving spot bernama Collosseum ini berada di Wangi-wangi, Kota Wanci. Pengunjung yang akan diving di sini dijamin akan terpesona dengan keindahan karangnya.

Jenis karang yang ada di Collosseum adalah atol atau berbentuk cincin. Karang ini akan berbentuk seperti tebing melingkar mengelilingi pulau Wangi-wangi. Ikan-ikan pun terlihat seperti menari di atas karang yang   penyelam takjub.

Baca Juga: Melihat Keunikan Rumah Adat Joglo yang Ada di Jawa Tengah

Wisata selam di Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini sudah dibuka lagi sejak Juli 2020. Namun wisatawan diminta untuk mematuhi sepuluh poin penting seputar protokol kesehatan selama berwisata di sana, hal itu dilakukan agar pengelola dan wisatawan sama-sama merasa nyaman.

Hutan Bakau

Taman Laut Wakatobi memiliki kawasan hutan bakau yang sangat luas dan cukup rimbun. Salah satunya hutan mangrove di Pulau Kaledupa yang juga merupakan habitat 33 spesies burung. Total luas kawasannya mencapai 37,5 hektare dengan sembilan jenis bakau.

Baca Juga: Touring Seru di Desa Trunyan, Desa Mistis yang Kental akan Adat Tradisi dan Keunikan Budaya

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.