Home » MotoGP Pembuka Paruh Kedua di Sirkuit Silverstone, Pecco Bagnaia Raih Podium

MotoGP Pembuka Paruh Kedua di Sirkuit Silverstone, Pecco Bagnaia Raih Podium

by AdminOto
Pecco Bagnaia, Juara di MotoGP Inggris.* (FOTO: Twitter @MotoGP)

OTOBIKES,- MotoGP telah kembali.  Setelah absen selama hampir satu bulan lebih, race motoGP di akhir pekan kembali berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (07/08/2022).

Balapan super seru pun terjadi.  Motor-motor Ducati mendominasi dengan bukti Pecco Bagnaia keluar sebagai juara di balapan kali ini.  Lalu Jack Miller yang berada di posisi ketiga, Bastianini keempat dan Jorge Martin kelima.

Keperkasaan Ducati di Silverstone, ada satu pabrikan yang berhasil menyalip Motor Aprilia yang tunggangi Maverick Vinales bukan Aleix Espargaro.  Aleix tidak dapat menunjukan performa terbaiknya di balapan kali ini, yang membuatnya selesai di urutan ke-9.

Sebenarnya ada beberapa pabrikan lain yang sempat bisa bersaing dengan motor Ducati di balapan kali ini yaitu Suzuki dan Yamaha.  Rins (Suzuki) sempat memimpin sebentar jalannya balapan namun harus tercecer di akhir-akhir balapan.  Quartararo (Yamaha) sebenarnya juga bisa berada pada urutan terdepan andaikan ia tidak menerima long lap penalty.  Ducati bisa benar-benar mendominasi balapan di SIlverstone kali ini andaikan Johann Zarco yang memimpin balapan diawal tidak terjatuh di lap kelima. 

Pada race pembuka di paruh kedua ini, rider dari Pramac Ducati, Johann Zarco sukses menjadi yang tercepat di babak kualifikasi.  Membuatnya bisa berada diurutan paling depan saat start.  Disusul Vinales yang mulai menemukan sentuhan dengan motor RS-GP Aprilia.  Dan urutan ketiga ada Jack Miller.

Balapan di Sirkuit Silverstone.* (FOTO: Twitter @MotoGP) 

 

Sementara pemimpin klasemen sementara Quartararo harus memulai balapan di urutan keempat.  Dibuntuti Bagnaia dan Aleix Espargaro yang tampil sangat memukau di musim ini dengan Aprilia.

Jalannya balapan

Johann Zarco langsung melesat memimpin jalannya balapan di urutan pertama.  Menyusul oleh Quartararo yang melakukan start yang baik.  Lalu ada dua rider Ducati pada bagian belakangnya ada Pecco dan Miller. Untuk Vinales yang sebenarnya start pada urutan kedua harus tercecer keurutan keenam.  Berdampingan dengan Aleix Espargaro yang ada pada urutan ketujuh.

Pada balapan kali ini meski berada diurutan kedua, Quartararo harus melakukan long lap penalty.  Yang membuatnya harus melalui rute balapan yang sedikit jauh. Ia melakukannya di lap keempat yang membuatnya turun langsung ke posisi kelima.

Di awal-awal balapan ini para rider sangat berdekatan sehingga membuat race lebih intens dan seru.  Motor-motor dari Ducati terlihat sangat dominan di Sirkuit Silverstone. Seperti Zarco, Pecco, Bagnaia  yang ada pada urutan depan.  Tetapi ada satu motor yang cukup bisa mengimbangi Ducati yaitu Suzuki yang dikendarai oleh Alex Rins serta Yamaha dan Quartararo yang bisa bersaing di depan.

 

Jack Miller, Rider Lenovo Ducati.* (FOTO: Twitter @MotoGP) 

Sedang asik memimpin, Johann Zarco harus merelakan urutan pertamanya sirna.  Karena ia harus terjatuh seperti mengalami slip pada bagian bannya pada lap kelima di tikungan ke-8.

Ini membuat Jack Miller yang berada di urutan kedua langsung memimpin jalannya balapan. Tetapi tidak lama kemudian Alex Rins yang berada di belakangnya sukses membuat perlawanan terhadap motor Ducati.  Yang membuatnya bisa merebut posisi terdepan dari Miller.

Keseruan di Sirkuit

Di lap ke-7, Alex Rins dari Suzuki pun memimpin jalannya balapan dibuntuti tiga motor Ducati dari Pecco, Miller dan Jorge Martin. Rins tampil tidak terduga pada balapan ini.  Ia seperti memiliki tenaga ekstra sehingga bisa melesat.  Dan memiliki jarak yang cukup jauh antara dirinya dengan rider yang berada di posisi kedua.

Perebutan untuk posisi kelima sangat menarik antara Quartararo dan Vinales.  Motor Aprilia sukses menyalip motor Yamaha di track lurus yang membuat Vinales memenangkan perebutan posisi kelima di lap ke-9.

Hingga setengah jalan balapan berlangsung, para rider masih berdekatan.  Rins yang tadinya memiliki gap cukup jauh dengan rider urutan kedua yaitu Pecco, mulai mendekat lagi.  Yang membuat posisi pertamanya terancam untuk direbut.

Terbukti di lap ke-12 Pecco menunjukan kejantanan motor Ducati di trek lurus.  Dengan mudahnya Pecco menyusul Rins dan melengserkannya ke psosisi kedua. Motor dari Ducati pun kembali memimpin balapan di Sirkuit Silverstone.

Pada balapan kali ini hingga lap ke-14, Aleix Espargaro yang tampil super di paruh pertama sedikit kesulitan dan hanya berada diurutan ke 8.  Sementara rekannya, Maverick Vinales berada di urutan keempat.

 

Pecco Bagnaia, Juara di MotoGP Inggris.* (FOTO: Twitter @MotoGP) 

Motor Ducati benar-benar perkasa di balapan kali ini.  Di lap ke-15, dua rider Ducati memimpin jalannya balapan.  Bagnaia yang berada pada urutan pertama dan Miller menyusul pada urutan kedua setelah berhasil juga menyingkirkan Rins di lap sebelumnya.

Tiga lap tersisa Rins kembali tersusul oleh Vinales yang membuatya kehilangan posisi podium ketiga.  Tidak hanya itu, Rins juga langsung merosot lagi ke urutan kelima karena posisinya rebut oleh Jorge Martin.

Vinales tampil mengejutkan di akhir-akhir race.  Ia kembali tancap gas setelah geser Rins. Rider dari Aprilia ini berhasil juga menyalip Jack Miler yang berada di urutan kedua.  Membuat duo Ducati yang asalnya berurutan harus terpisah olehnya.

Marverick Vinales tampil menggila di 2 lap tersisa.  Ia mencecar Pecco Bagnaia dari segala sisi untuk meraih podium utama, namun pertahanan Pecco masih cukup tangguh dan hingga lap menunjukan 20 dan melewati garis hitam putih.  Pecco behasil menjadi juara menyusul Maverick Vinales yang tampil garang di akhir-akhir laga, kemudian podium terakhir ada oleh Jack Miller.

Hasil balapan

  1. Pecco Bagnaia
  2. Maverick Vinales
  3. Jack Miller
  4. Enea Bastianini
  5. Jorge Martin
  6. Miguel Oliveira
  7. Alex Rins
  8. Fabio Quartararo
  9. Aleix Espargaro
  10. Marco Bezzecchi
  11. Brad Binder
  12. Luca Marini
  13. Takaaki Nakagami
  14. Pol Espargaro
  15. Franco Morbidelli
  16. Andrea Dovizioso
  17. Alex Marquez
  18. Remy Gardner
  19. Stefan Bradl
  20. Darryn Binder
  21. Raul Fernandez
  22. Fabio Di Giannantonio

Sementara ada dua rider yang tidak bisa melewati garis finish yaitu Johann Zarco dan Joan Mir. Race yang seru di Inggris, para rider balapan sangat ketat.  Hanya dua rider saja yang tidak bisa melanjutkan balapan.  Selanjutnya balapan akan berlangsung di MotoGP Austria Sirkuit Red Bull Ring, Minggu 21 Agustus 2022 pukul 19.00 WIB.* (RENALDI)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.