Home » Motor Listrik India ini Gagah

Motor Listrik India ini Gagah

by zizi
Motor Listrik Ultraviolette F77.* (FOTO: Laman Resmi ultraviolette.com)

OTOBIKES,- Motor listrik menjadi salah satu kendaraan yang sedang digembor-gemborkan saat ini.  Banyak pabrikan dari penjuru dunia sudah memunculkan motor listriknya masing-masing. Kali ini dari India yang memiliki motor listrik dengan tampilan yang super gagah dan sporty dengan model naked bike.

Motor ini merupakan hasil dari pabrikan Ultraviolette Automotive yang mendapatkan investasi dana dari TVS Motors. Motor bergaya naked atau tanpa fairing ini bernama F77.  Tampilan motor ini seperti menumpuk di bagian tengah yang membuatnya nampak kokoh dan gemuk.  Dengan posisi stang yang sejajar dengan tangkinya.  Kemudian bentuk lampu depannya juga cukup besar dan terlihat tampan.

Performa

Urusan performanya, mampu memuntahkan tenaga 25kW atau hampir setara dengan motor kelas 250cc.  Untuk torsinya sendiri bisa mengeluarkan hingga angka 90 Nm dengan maksimal kecepatannya 147km/h.  Tetapi bisa berakselerasi dari 0-60km/jam hanya membutuhkan waktu 2,9 detik dan 0-100 km/jam 7,5 detik saja.  Selain itu motor ini juga sudah memiliki 3 mode berkendara yaitu ECO mode, Sport mode dan Insane mode.

Pada dayanya menggunakan 3 modul Li-ion battery pack yang memiliki kapasitas 4,2kWh.  Daya ini bisa membuatnya melaju hingga 200 km dalam sekali pengecasan.  Untuk pengisiannya, bisa dengan fast charger yang membutuhkan waktu 1 jam 30 menit untuk penuh 100%.

Fitur

Fitur motor ini pun juga sudah canggih atau smart fitur.  Sudah memiliki konektivitas LTE dengan 3G, 2G Fallback, dan eSIM terintegrasi.  Selain itu, kecerahan dasbor adaptif dengan sensor cahaya sekitar (ALS), pemosisian GPS/GLONASS untuk kecepatan waktu nyata.  Dan penemuan posisi untuk riwayat perjalanan, pencari lokasi kendaraan, dan geofencing.

Kemudian ada juga sensor suhu, tegangan, dan arus dengan pelacakan aktif dan pemetaan efisiensi di seluruh kendaraan.  Lalu, Unit Pengukuran Inersia (IMU) 9-sumbu untuk analisis perjalanan dengan akselerometer, giroskop & magnetometer internal dan teknologi sensor fusion.  Juga terdapat sensor guncangan dan benturan untuk deteksi jatuh dan tabrakan, serta pelaporan kesalahan melalui APLIKASI smartphone Ultraviolette. Serta lampu depan yang otomatis hidup/mati.

Pada fitur keselamatannya, tidak hanya sudah menggunakan penerangan LED tetapi ada juga Dual-channel ABS (Sistem Rem Antilock).  Juga sensor sidestand, mode penguncian, peringatan kontak darurat, dan sensor jatuh & tabrakan.

Bagi yang berminat untuk membeli motor ini, bisa langsung melakukan pemesanan di halaman resminya ultraviolette.com.  Motor ini memiliki tiga varian warna yaitu Airstrike yang berwarna putih, Shadow warna hitam dan Laser berwarna merah. Untuk harganya, INR 300.000 mata uang India atau sekitar Rp 58 jutaan.* (RENALDI)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.