Home » Motor Mati Mendadak? Jangan Panik, Ini Solusinya

Motor Mati Mendadak? Jangan Panik, Ini Solusinya

by Defa

OTOBIKES,- Bagaimana jika motor kalian tiba-tiba mati mendadak padahal tidak habis bensin? Jangan panik dulu guys! Mungkin ini penyebabnya.

                Yang pertama, bisa jadi mesin kalian sudah teralu panas (overheat).  Ini bisa disebabkan karena saluran oli yang tersumbat atau kalian tidak rutin mengecek oli. Jika sering berkendara jauh oli akan berkurang dan jika tidak segera diisi maka ring piston akan kering dan macet, lalu motor pun akan mengeluarkan asap.  Jika didiamkan, motor bisa mati mendadak saat dikendarai. Solusi untuk masalah ini adalah kalian harus tahu kapan untuk mengganti oli, biasanya untuk yang selalu berpergian jauh 3 bulan sekali harus ganti oli baru.

BACA JUGA : CATAT! Jadwal Lengkap MotoGp 2022 Lengkap Beserta Tim dan Daftar Pembalapnya

                Yang kedua salah memilih bensin.  Setiap motor sudah ditetapkan oleh pabrik motor untuk menggunakan jenis bensinnya.  Jenis bahan bakar sangat mempengaruhi proses mesin, karena jika menggunakan bensin oktan rendah bisa menimbukan jumlah timbal yang lepas dan bisa menyumbat klep.  Itu yang menyebabkan motor kalian mati tiba-tiba.  Jadi pilihlah bahan bakar yang beroktan tinggi contohnya pertamax atau pertalite. Makin tinggi jumlah oktan, maka semakin bagus untuk proses pembakaran mesin.

                Ketiga, busi kotor atau bermasalah. Busi merupakan elemen cukup penting dalam kendaraan.  Alat ini berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang memicu terjadinya pembakaran dari campuran bahan bakar dan udara. Jika motor kalian mati mendadak coba periksa dulu bagian businya, cek apakah kabel busi tersumbat kotoran? Lalu bersihkan dan pasang kembali sebelum motor dihidupkan kembali.

Jaga motor dengan baik, harus rajin merawat dan rajin melakukan pemeliharaan minimal 3 bulan sekali atau jika hendak berpergian jauh.* -AL

BACA JUGA : Agar Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit, Gunakan Teknik Eco Riding

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.